DetikHot

art

Indonesia Art Award 2018 Munculkan Nama-nama Seniman Baru

Selasa, 03 Apr 2018 08:35 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Indonesia Art Award 2018 Munculkan Nama-nama Seniman Baru Foto: (Agnes/detikhot)
Jakarta -

Ajang Indonesia Art Award 2018 resmi mengumumkan para pemenangnya tadi malam di Galeri Nasional Indonesia. Sebagian besar adalah nama-nama seniman maupun komikus baru yang muncul.

Hal tersebut diakui oleh kurator pameran sekaligus tim dewan juri Jim Supangkat. "Hampir 50 persen dari 350 nama yang masuk, itu nama-nama baru. Ada beberapa yang open call atau undangan. Tapi mereka mutlak skill-nya mengagumkan," ujarnya saat ditemui di sela-sela pembukaan di Galeri Nasional Indonesia, Senin (2/4/2018) malam.

Di Galeri Nasional Indonesia, karya 129 seniman yang dipamerkan diakui Jim bukan hanya komik belaka. Sebagian besar lainnya memunculkan dalam bentuk karya seni instalasi, figur patung, maupun aneka bentuk lainnya.


Jim menceritakan sesudah Perang Dunia kedua terdapat mitos kalau membaca komik akan membahayakan generasi muda bangsa. Namun hal tersebut sudah berubah.

"Di tahun 1960an ada boom komik lewat komik 'Peanuts' dan semua orang jadi menggandrungi komik. Silakan datang ke sini, bahkan karya-karya yang ditampilkan di sini adalah seni kontemporer," terang Jim.


Untuk pertama kalinya pun, lanjut Jim, komik dieskplorasi dengan beragam bentuk.

"Dengan sendirinya muncul berbagai kebaharuan dan tanda-tanda inilah yang akhirnya kami memutuskan memberikan 13 penghargaan. Kritikus komik internasional juga memberikan komentar lewat media sosial Indonesia Art Award. Itu sebuah tanda penting untuk kita sadari dan sudah selayaknya mendapatkan penghargaan," pungkasnya.

Saksikan video 20Detik untuk mengetahui seperti apa komik pemenang Indonesia Art Award 2018 di sini:

[Gambas:Video 20detik]


(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed