DetikHot

art

Sukses Dipamerkan di Belgia, Koleksi Museum Nasional 'Pulang Kampung'

Rabu, 07 Feb 2018 16:15 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Sukses Dipamerkan di Belgia, Koleksi Museum Nasional Pulang Kampung Sukses Dipamerkan di Belgia, Koleksi Museum Nasional 'Pulang Kampung' Foto: (Eny/detikTravel)
Jakarta - Festival seni Europalia sudah selesai diselenggarakan di belahan negara Eropa. Sukses dipamerkan di Belgia, kini koleksi-koleksi Museum Nasional atau dikenal Museum Gajah 'pulang kampung' ke Indonesia.

Lewat informasi yang disebarkan lewat akun Twitter @MuseumNasional disebutkan hari ini sebanyak 15 truk pengangkut ratusan koleksi Museum Nasional dipulangkan dari Belgia.

"Ratusan koleksi ini diperlakukan dengan hati-hati, dikemas dalam crate yang aman, dengan pelindung tambahan di dalamnya," tulis keterangan Museum Nasional, seperti dikutip detikHOT, Rabu (7/2/2018).



Untuk memudahkan, mobilisasi jalan umum di samping museum untuk sementara ditutup. Saat Festival Europalia, Indonesia menjadi tamu kehormatan, memajang beragam koleksi museum, pameran seni, pertunjukan teater sampai tari.

Saat pembukaan Europalia pada 10 Oktober lalu, mahkota emas dari Kesultanan Banten dipandangi oleh Raja Belgia. Ada juga seni instalasi Titarubi yang dipenuhi buah pala berlapis emas yang emnggambarkan kekayaan rempah-rempah Nusantara.



Ada juga arca Ganesa dari Candi Banon yang beratnya saja mencapai 1,3 ton. Bagaimana dengan masuknya koleksi-koleksi dalam crate?

"Dengan kerja sama tim dan dua unit forklift, crate berisi seni instalasi Titarubi "History Repeats Itself" karya Rubiati Puspitasari, seniman dari Yogyakarta, melompati pagar Museum Nasional Indonesia," tulis Museum Nasional.

Proses masuknya koleksi Museum Nasional masih berlangsung sampai sekarang.




(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed