DetikHot

art

5 Seniman Muda Ikuti Pameran 'Matters: Layer of Meanings' di Bandung

Jumat, 22 Des 2017 11:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
5 Seniman Muda Ikuti Pameran Matters: Layer of Meanings di Bandung 5 Seniman Muda Ikuti Pameran 'Matters: Layer of Meanings' di Bandung Foto: Orbital Dago
Jakarta - Orbital Dago mempersembahkan pameran kolektif dari lima seniman muda Tanah Air dalam eksibisi berjudul 'Matters: Layer of Meanings'. Pameran akan dibuka pada Rabu (27/12) mendatang.

Dalam keterangan yang diterima, dalam berkarya terdapat materi yang berbeda-beda. Bagi seorang seniman, materi tersebut menjadi potensi untuk menjelajahi setiap lapisannya.

"Materi dalam sejarah seni rupa modern menjadi kendaraan dan eksplorasi yang utama selain untuk menjelajah gagasan. Dalam era seni modern, eksplorasi materi menjadi sangat penting terkait dengan gerakan formalisme kaum Bauhaus di Jerman," ujar keterangan tertulis Orbital Dago, Jumat (22/12/2017).



Persoalan seperti garis, tekstur, dan bentuk selalu menjadi penjelajahan utama. Namun prakteknya, praktek seni rupa dalam gerakan formalisme muncul lebih cenderung secara kultural.

"Bahkan materi atau bahan, gagasan, dan unsur-unsur representasional lainnya terelaborasi dengan caranya masing-masing menjadi bahasa ungkap , baik personal maupun sosial – kultural," ungkapnya lagi.

Pameran ini menampilkan karya dari lima perupa yakni I Nyoman Arisana, Intan Soebagio, Gabriel Aries Setiadi, Dedy Shofianto, dan Radityo Luthfi Fadhil. Masing-masing seniman mengolah materi atau bahan berkarya, mulai dari kanvas dan cat sebagai bentukan tradisi barat, kertas, logam, kayu, sampai batu.

Pameran 'Matters: Layer of Meanings' dibuka pada Rabu (27/12) dan berlangsung hingga 25 Januari 2018.




(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed