DetikHot

art

Dua Bus Terbalik di Depan Gerbang Brandenburg Jadi Karya Seni Instalasi

Senin, 13 Nov 2017 11:28 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Dua Bus Terbalik di Depan Gerbang Brandenburg Jadi Karya Seni Instalasi Dua Bus Terbalik di Depan Gerbang Brandenburg Jadi Karya Seni Instalasi Foto: Reuters
Jakarta - Ada pemandangan berbeda di depan gerbang Brandenburg Berlin. Dua buah bus yang telah diperbaiki diletakkan di depan gerbang sebagai pengingat peringatan Aleppo di tahun 2015 saat puncak perang sipil Suriah.

Karya seni instalasi tersebut diciptakan oleh seniman Jerman bernama Manaf Halbouni. Dia mengatakan karya yang dibuatnya membangkitkan sebuah peristiwa dari tahun 2015 ketika pemberontak Suriah berusaha melindungi Aleppo dari penembak jitu pemerintah.

"Ini dipasang sehari setelah ulang tahun jatuhnya Tembok Berlin di tahun 1989," ungkap Halbouni seperti dilansir dari Reuters, Senin (13/11/2017).



Lokasi Gerbang Bradenburg merupakan simbol kehancuran dan akhir dari perang. "Itu juga simbol perpecahan tapi kemudian ditampilkan sebagai simbol persatuan," kata Halbouni.

Karya berjudul 'Monument' itu terdapat bus merah dan putih yang berdiri hanya satu blok dari peringatan Holocaust. Sebuah peringatan yang menyedihkan dari jutaan orang yang terbunuh selama rezim Nazi dalam Perang Dunia kedua.

"Ini adalah karya seni instalasi melawan perang dan melawan semua yang tidak beres di dunia," pungkas seniman tersebut.




(tia/tia)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed