DetikHot

art

Tampil Menghibur, Wayang Tavip di 'Sin Jie Kwie 4' Sindir Kondisi Bangsa

Jumat, 10 Nov 2017 08:58 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Tampil Menghibur, Wayang Tavip di Sin Jie Kwie 4 Sindir Kondisi Bangsa Foto: Teater Koma Pentaskan 'Sie Jin Kwie 4' (Image Dynamics)
Jakarta -

Pertunjukan 'Sin Jie Kwie 4' berlangsung hampir empat jam lamanya di Graha Bhakti Budaya (GBB), kompleks TIM. Sepanjang cerita, terselip pertunjukan wayang tavip yang didalangi oleh pelakon senior Teater Koma, Budi Ros.

Di atas panggung dengan layar putih membentang, dalang Budi Ros dengan beberapa rekannya memainkan kelanjutan cerita dari Sin Jie Kwie 4. Sesekali dia melontarkan celotehan jenaka maupun sindiran pada kondisi bangsa.

Misalnya saja, sindiran 'papa minta pulsa' yang kini berganti menjadi 'papa ngantuk mulu', sindiran terhadap penggambaran Meikarto dan Meikarteg, DP rumah 0%, dan lain-lain. Penonton yang menonton lakon pun sontak tertawa dengan sindiran yang diceritakan Budi Ros.


Ketika ditanyakan kepada sang sutradara, Nano Riantiarno, dia mengungkapkan sindiran secara tidak langsung itu bukan mengkritik pemerintah. "Itu hanya sebagai pengingat banyaknya kejadian yang terjadi di bangsa ini," ungkapnya di Graha Bhakti Budaya, kompleks TIM, Kamis (9/11/2017) malam.

Wayang Tavip dihadirkan dua kali dalam dua babak 'Sin Jie Kwie 4: Melawan Siluman Barat'. Di babak pertama, Budi Ros lebih banyak menceritakan mengenai penyerangan Pasukan Tang untuk mengalahkan Jenderal Souw Po Tong dan menaklukkan Tartar Barat yang dibantu siluman serta dewa jahat.

Di babak berikutnya, kembali digambarkan peperangan. Ada naga jahat, siluman berkepala tiga, yang melawan Pasukan Tang, dan lain-lain. Meski wayang tavip dihadirkan sebagai penghiburan bagi penonton di atas panggung teater, tapi Nano juga menegaskan wayang tavip adalah perekat sekaligus peringkas cerita.

"Itu sebenarnya tugas wayang tavip di Sin Jie Kwie, kalau tidak diceritakan oleh dalang, bisa tujuh jam durasinya," tutur Nano sembari tertawa.


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed