DetikHot

art

Lewat Panggung Teater, Happy Salma Populerkan Karya Sastra

Jumat, 03 Nov 2017 16:05 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lewat Panggung Teater, Happy Salma Populerkan Karya Sastra Lewat Panggung Teater, Happy Salma Populerkan Karya Sastra Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Panggung teater menjadi salah satu cara untuk mempopulerkan karya sastra Tanah Air. Termasuk untuk pementasan 'Perempuan Perempuan Chairil' yang bakal dibawakan oleh Titimangsa Foundation pada 11-12 November 2017.

"Saya menyukai karya sastra Indonesia dan sebetulnya karya sastra milik semua orang dan saya merasakan arti pembentukan karakter juga," ujar pendiri Titimangsa Foundation Happy Salma saat ditemui detikHOT di Gedung Teater Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Teater pun menjadi cara ampuh untuk mempopulerkan virus karya sastra. Generasi milenial yang kerap menggunakan gadget banyak yang tak bersentuhan dengan karya sastra.



"Sastra itu bukan sesuatu yang angker dan berat. Jadi, sebenarnya sejak saya mendirikan TItimangsa Foundation, ingin membuat hal yang berat jadi populer," ujarnya.

Sebelumnya, Titimangsa Foundation pernah mengadaptasi karya Pramoedya Ananta Toer dalam pertunjukan berjudul 'Bunga Penutup Abad'. Pentas 'Perempuan Perempuan Chairil' pun bakal digelar satu minggu lagi. Ke depannya, Happy sendiri ingin mengadaptasi karya dari penulis kenamaan Indonesia lainnya.

"Dari NH Dini, Sutan Takdir Alisjahbana, Marah Roesli, dan penulis-penulis muda yang lagi hits seperti Dee Lestari dan Djenar Maesa Ayu juga pengen diadaptasi. Tapi masih banyak lagi, artinya kenapa? Banyak yang tidak populer dan ingin dibikin lebih nyaring. Baik yang muda atau tua buat saya bergairah untuk bikin produksi terus," pungkas Happy.


(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed