detikHot

art

Dari Taman KB, Kini Jadi Taman Budaya Berkonsep Outdoor di Jawa Tengah

Rabu, 01 Nov 2017 14:48 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes Foto: Tia Agnes
Semarang - Taman Menteri Supeno yang berada di depan SMA 1 Semarang dikenal sebagai area publik yang ramah bagi anak-anak maupun keluarga. Taman yang identik dengan ikon patung Keluarga Berencana (KB) itu bakal menjadi taman budaya outdoor satu-satunya di Jawa Tengah.


Ikon patung KB di taman tersebut menampilkan patung ibu dan kedua anaknya. Saat peresmian ground breaking, Walikota Semarang Hendrar Prihadi sempat berseloroh mengenai ikon tersebut.

"Taman KB itu patung ibu dan anak yang sedang mencari bapaknya. Hahaha...," kata Hendrar.

Dari Taman KB, Kini Jadi Taman Budaya Berkonsep Outdoor di Jawa Tengah Dari Taman KB, Kini Jadi Taman Budaya Berkonsep Outdoor di Jawa Tengah Foto: Tia Agnes

Saat pembangunan Taman Indonesia Kaya nanti, patungnya akan tetap dipertahankan. "Hanya akan dibuat lebih futuristik dan lebih modern. Taman ini kan banyak warga Semarang yang ngadem di sini, supaya nanti kalau sudah jadi banyak warga yang main ke taman berbudaya ini. Di sini jadi taman budaya yang satu-satunya berkonsep outdoor," lanjutnya.

Lokasi taman yang strategis membuat salah satu alasan yang dipilih oleh tim Bakti Budaya Djarum Foundation. Taman Menteri Supeno berada di dekat kawasan Simpanglima Semarang dan hanya menghabiskan lima menit berjalan kaki.


Setelah jadi pada 2 Mei 2018 mendatang, nantinya Taman Indonesia Kaya akan dihibahan kepada pihak pemerintah kota Semarang. Sebulan sekali, pihak Bakti Budaya Djarum Foundation pun akan mengkurasi seniman-seniman yang tampil di panggung tersebut.

Tak hanya panggung budaya untuk seni pertunjukan saja, tapi juga bakal dilengkapi fasilitas ruang ganti atau make up khusus seniman. Serta toilet bagi penyandang disabilitas.
(tia/mah)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com