DetikHot

art

Pentas 'Dionysus' akan Digelar di Kawasan Candi Prambanan

Jumat, 22 Sep 2017 13:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pentas Dionysus akan Digelar di Kawasan Candi Prambanan Pentas 'Dionysus' akan Digelar di Kawasan Candi Prambanan Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta - Pentas 'Dionysius' kolaborasi dari Indonesia, Jepang, dan Tiongkok menjadi salah satu pementasan spektakuler yang diproduksi oleh Bumi Purnanti Indonesia dan Asia Center Japan Foundation. Tahun depan pertunjukan tersebut digelar perdana di Jepang, sedangkan untuk Indonesia akan dipentaskan di mana?

Pendiri Bumi Purnanti Indonesia dan Yayasan Bali Purnanti Restu Imansari Kusumaningrum mengatakan lokasi kawasan Candi Prambanan dipilih untuk pementasan di Tanah Air.



"Tadashi Suzuki sangat tertarik dengan tempat-tempat yang ekologis dan sarat nilai sejarah. Pas pentas di Beijing dia memilih Forbidden City," ujar Restu ditemui di kawasan Dia.Lo.Gue Artspace, Kemang, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Meski begitu Restu mengaku masih membicarakan terkait lokasi kepada pihak Tadashi Suzuki dan penanggung jawab kawasan Candi Prambanan. "Saya sedang melakukan pembicaraan untuk lokasi pertunjukan di sini."



Pertunjukan 'Dionysus' disutradarai oleh maestro teater Tadashi Suzuki dan diproduksi bersama dengan SCOT (Suzuki Company of Toga). Ceritanya sendiri diadaptasi dari tragedi Yunani kuno berjudul 'The Bacchae' yang ditulis dramawan Athena Euripides.

Dionysus yang berarti Dewa Anggur bermaksud menghukum Pentheus (Raja Thebes). Dia pun memikat hati para wanita di Thebes satu per satu dan menggiring mereka ke Gunung Cithareon. Tak hanya bahasa lokal Indonesia saja yang dimasukkan dalam pertunjukan namun juga musik tradisi dari berbagai wilayah di Indonesia yang dikomposeri oleh Midori Takada.


(tia/tia)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed