DetikHot

art

Rayakan 17 Agustus, Seniman Jepang Gelar Proyek Seni di Kampung Aquarium

Rabu, 16 Ags 2017 17:55 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Rayakan 17 Agustus, Seniman Jepang Gelar Proyek Seni di Kampung Aquarium Rayakan 17 Agustus, Seniman Jepang Gelar Proyek Seni di Kampung Aquarium Foto: Jun Kitazawa
Jakarta - Di momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia esok hari, seniman asal Jepang Jun Kitazawa akan membuat proyek kesenian berjudul 'Relokasi'. Salah satu program seni kolaboratif tersebut, delapan tim bakal beradu kreativitas dan teknik merakit material dengan cepat 'Apa itu Rumah Ideal' di Kampung Aquariaum, Jakarta Utara, pada 17 Agustus 2017 pukul 16.00-18.00 WIB.

Lomba 'Rumah Ideal' mengajak warga untuk masuk ke dalam proses kreatif untuk memahami, 'Apa itu rumah ideal bagi kita?'. Dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Rabu (16/8/2017), proyek kolaborasi ini agar menghargai nilai kreativitas manusia dalam berbagai situasi.

Termasuk situasi sosial yang sulit seperti pasca penggusuran. "Tak ada pesan politik dalam lomba ini. Kalaupun ada, pesan sosial yakni kritik terhadap hilangnya kreativitas dalam masyarakat kita," ujar keterangan tersebut.



Jun Kitazawa dikenal sebagai seniman Jepang dengan metode unik, berkolaborasi bersama warga dan komunitas setempat. Karya-karya Jun di antaranya adalah 'Living Room' di berbagai kota di Jepangm 'My Town Market' dan 'Sun Self Hotel'. Sebelumnya, Jun pernah melakukan penelitian selama satu tahun tentang keseharian kota Jakarta.

Salah satu subyek penelitian adalah penggusuran paksa di Pasar Ikan dan Kampung Aquarium Jakarta Utama pada April 216 lalu. Setelah penggusuran, warga kembali dan mlai menata kehidupannya dengan beragam ide. Lewat beragam peristiwa tersebut, Jun terinspirasi menciptakan proyek seni kolaboratif.

Setelah penelitian setahun, selama seminggu pula Jun bekerja sama dengan warga setempat. Puncaknya adalah Lomba Rumah Ideal yang digelar bersama dengan Rujak Center for Urban Studies serta didukung The Japan Foundation, Nomura Foundation, dan Meguro Regions Exchange Foundation.


(tia/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed