DetikHot

art

Karakter Penulis di Lakon 'Warisan' Teater Koma Terinspirasi NH Dini

Jumat, 11 Ags 2017 10:40 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Karakter Penulis di Lakon Warisan Teater Koma Terinspirasi NH Dini Karakter Penulis di Lakon 'Warisan' Teater Koma Terinspirasi NH Dini Foto: Hanif Hawari/ detikHOT
Jakarta - Teater Koma selalu menyajikan pertunjukan yang berbeda dan tak biasa dalam setiap lakonnya. Sama seperti produksi ke-149 yang berjudul 'Warisan' yang kini tengah digelar di Gedung Kesenian Jakarta hingga 20 Agustus mendatang.

Di salah satu karakter ada seorang penulis bernama Kirdjomuldjono atau dikenal dengan nama pena Samana Sama. Uniknya sutradara Teater Koma Nano Riantiarno menceritakan mengenai insiprasi karakter tersebut.

"Kami mendatangi panti werdha yang menampung penulis NH Dini. Kami melihat seperti apa kamarnya dan memang terinspirasi," ujar Nano Riantiarno ditemui usai pementasan hari pertama di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Kamis (10/8/2017) malam.



Namun, Nano menegaskan secara spesifik tidak mengambil karakternya dari NH Dini. Pihaknya hanya melihat kamar dan melakukan pengamatan hingga dapat memperkaya soal naskah.

Karakter Penulis di Lakon 'Warisan' Teater Koma Terinspirasi NH DiniKarakter Penulis di Lakon 'Warisan' Teater Koma Terinspirasi NH Dini Foto: Hanif Hawari/ detikHOT


Selain terinspirasi dari NH Dini, Nano juga menambahkan beberapa karakter lainnya memang sesuai dengan kenyataan. Seperti karakter badut, Nano menemukan ada seorang kakek berusia 78 tahun yang selalu mengenakan kostum Gatot Kaca, ada juga karakter nenek dan kakek yang kerap bergosip, dan karakter satpam.

"Saya nulis naskah itu saat survei juga. Pikiran hampir sama dengan yang terjadi, meski di awal saya nulis kan saya tidak tahu soal utang negara. Di saat itu belum terungkap seperti kabar saat ini," pungkasnya.


(tia/dar)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed