DetikHot

art

Pameran Seni tentang Banda Digelar di Erasmus Huis Jakarta

Senin, 24 Jul 2017 18:20 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Pameran Seni tentang Banda Digelar di Erasmus Huis Jakarta Pameran Seni tentang Banda Digelar di Erasmus Huis Jakarta Foto: Erasmus Huis
Jakarta - Erasmus Huis Jakarta mempersembahkan pameran tentang kota Banda akhir bulan ini. Eksbisi yang digelar memperingati 350 tahun Perjanjian Breda 1667-2017 itu diberi judul 'Banda, Heritage for Indonesia'.

Tahun ini merupakan momen bersejarah bagi kota Banda karena menandai ulang tahun yang ke-350. Perjanjian yang dinamai oleh Belanda pada 31 Juli 1667 itu mengakhiri perang Aglo-Belanda yang kedua (1665-1667) dimana Inggris dan Belanda memperebutkan salah satu rempah-rempah dalam perdagangan dunia.

Dengan menandatangani Perjanjian Breda, Belanda menerima peraturan Inggris mengenai New York (New Amsterdam), dan pemerintah Inggris menerima aturan Belanda atas kepemilikan Suriname dan Run, salah satu pulang yang terpencil di Kepulauan Banda.



Pulau Banda saat itu telah menjadi pusat perdagangan internasional, jauh sebelum orang Portugis mengunjungi Banda. Di Pulau Banda terdapat perdagangan pala yang sangat mendunia dan berbagai negara memonopoli perdagangan pala. Eksibisi ini akan menelusuri sejarah di balik Perjanjian Breda.

"Melalui penyajian peta sejarah, gambar dan obyek, serta keunikan dari Perjanjian Breda, para pengunjung akan berkenalan dengan pala dan karakteristiknya. Banda menjadi pusat perdagangan internasional sekaligus politik," tutur pernyataan yang diterima, Senin (24/7/2017).

Pameran akan dibuka pada Senin (31/7) dan berlangsung hingga Selasa (31/8) mendatang di Erasmus Huis, Jakarta. Selain itu, seminar yang diisi oleh penulis Ayu Utami dan sejarawan Usman Thalib serta Wim Manuhutu akan menyajikan berbagai perspektif mengenai sejarah Banda yang terlupakan. Seminar akan membahas dampak perjanjian Breda terhadap dunia saat ini.




(tia/dar)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed