DetikHot

art

Lukisan-lukisan Termahal di Indonesia

Jumat, 14 Jul 2017 12:28 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan-lukisan Termahal di Indonesia Lukisan-lukisan Termahal di Indonesia Foto: AP/Kin Cheung
Jakarta - Lukisan karya pelukis Indonesia tak kalah hebat dari ciptaan seniman mancanegara. Lukisan karya anak bangsa banyak yang sudah keluar-masuk Balai Lelang internasional maupun berhasil memecahkan rekor termahal.

Sebagian besar lukisan berasal dari karya pelukis seni modern yang sudah wafat. Seperti Hendra Gunawan yang namanya melambung pada Oktober 2015 karena lukisan 'Bathing in the Shower' terjual Rp 18 miliar di Balai Lelang Sotheby Hong Kong.

Sebelum Hendra Gunawan, ada karya pelukis Sindoesoedarsono Soedjojono (S.Sudjojono) yang memecahkan rekor di Asia Tenggara. Lukisan berjudul 'Pasukan Kita yang Dipimpin Pangeran Diponegoro' memimpin pencapaian tertinggi dengan harga Rp 85,7 miliar di Sotheby's Hong Kong.



Kiprah keduanya sudah tak diragukan lagi. Baik Hendra Gunawan dan S.Sudjojono dikenal sebagai salah satu maestro seni lukis Indonesia. Hendra Gunawan yang wafat pada 17 Juli 1983 silam dikenal khas dengan figuratif khas Hendra. Pada 13 Agustus 2015, Presiden Joko Widodo atas nama negara memberikan Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma kepada dedikasi Hendra Gunawan.

Lukisan-lukisan Termahal di Indonesia Lukisan-lukisan Termahal di Indonesia Foto: Istimewa


Saking cintanya kepada karya-karya Hendra, pengusaha Ciputra pun mendirikan sebuah museum yang terletak di kawasan Ciputra Artpreneur. Sedangkan S.Sudjojono dijuluki sebagai Bapak Seni Rupa Indonesia Modern. Dia dikenal sebagai pelukis anti MOOI-INDIE dan berseberangan paham dengan Basoeki Abdullah yang kerap melukis pemandangan dan perempuan cantik.

Selain keduanya, ada beberapa pelukis lain yang masih eksis berkarya dan namanya kian melambung dikenal dunia. Sebut saja seperti Djoko Pekik dan I Nyoman Masriadi yang kini berdomisili di Yogyakarta. I Nyoman Masriadi pun disebut-sebut sebagai 'pelukis satu juta dolar'.

Banyak yang kerap menyebutkan lukisan apapun yang dijual Nyoman Masriadi akan digemari kolektor serta laku di pasaran. Bahkan patung perunggu yang diciptakan untuk gelaran Art Jog 10 tahun ini juga menyita perhatian pecinta seni. Makin cemerlangnya kiprah pelukis Tanah Air di Balai Lelang internasional membuat lukisan dari Asia Tenggara makin diminati. Harganya pun dianggap relatif terjangkau sehingga mudah dikumpulkan bagi kolektor baru.

Hari ini, detikHOT mencoba mengangkat 'Lukisan-lukisan Termahal di Indonesia' sebagai topik bahasan. Siapa sajakah lukisan termahal yang dimiliki seniman dalam negeri dan mengapa mencapai rekor termahal. Simak artikel berikutnya!


(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed