Maria Selena Belajar Logat Sunda di Panggung Sandiwara 'Sangkuriang'

Mahardian Prawira Bhisma - detikHot
Senin, 29 Mei 2017 10:40 WIB
Foto: Galeri Indonesia Kaya
Jakarta - Cerita rakyat 'Sangkuriang' memang sudah familiar dan dekat dengan masyarakat umum. Namun, bagi Maria Selena bermain teater dengan aksen Sunda yang kental adalah hal tersulit sekaligus tantangan.

Ditemui usai pementasan 'Sangkuriang' bareng Kelompok Sandiwara Miss Tjitjih di Galeri Indonesia Kaya, Maria Selena mengatakan akting dengan menggunakan bahasa Sunda berada di luar zona nyaman dirinya.

"Ini sesuatu di luar zona nyaman aku. Intonasi Sunda kan tarikannya beda. Jadi aku perdalam untuk aksen Sunda-nya," tutur Maria Selena, Minggu (28/5/2017).

Baca Juga: Senangnya Maria Selena Main Teater Bareng Sandiwara Miss Tjitjih

Tak hanya belajar bahasa Sunda, tapi Maria Selena juga membaca ulang cerita rakyat Sangkuriang. Selain itu, perempuan kelahiran 24 September 1990 itu sampai harus belajar candaan dalam bahasa Sunda.

"Tadi langsung di-improve lagi aksen Sunda-nya trus di-improve lagi jokes-nya. Bercandaan Sunda kan juga susah, tapi tadi sudah merasa puas," kata Maria Selena.

Legenda 'Sangkuriang' ini bercerita tentang terciptanya Gunung Tangkuban Perahu dan beberapa gunung di sekitar Bandung. Cerita ini mengisahkan Sangkuriang yang ingin menikahi Dewi Sumbi, ibunya sendiri. (tia/doc)