DetikHot

art

Aneh! 'Topeng Kematian' Seniman Tracey Emin Akhirnya Terjual

Senin, 17 Apr 2017 17:18 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Aneh! Topeng Kematian Seniman Tracey Emin Akhirnya Terjual Foto: Jorge Herrera/National Portrait/PA
Jakarta - Tracey Emin selalu muncul dengan karya fenomenal dan tak biasa. Sebuah karya seni instalasi yang menampilkan tempat tidur berantakan pernah meraih penghargaan bergengsi di Inggris beberapa tahun silam.

Kini, White Cube Gallery menjual 'topeng kematian' berbentuk 3Dimensi yang pernah diciptakan Emin pada 2002. Topeng tersebut dijual awalnya seharga belasan juta tapi didiskon oleh White Cube jadi Rp 625 ribu. Pihak galeri menjualnya karena tak kunjung laku.

Akhirnya, National Potrait Gallery pun membeli karya Emin. Emin mengatakan topeng potret dirinya merupakan eksperimen yang memang sengaja untuk pajangan museum, meski sempat susah terjual.

Direktur National Potrait Gallery, Nicholas Cullinan, mengatakan topeng kematian adalah salah satu karya Tracey Emin yang mencolok dan berharga

"Tracey Emin telah mengambil ide menarik dari topeng kematian. Dia mampu menciptakan karya inovatif dan menantang persepsi kita sebagai makna sebuah potret," tuturnya, dikutip dari Guardian, Senin (17/4/2017).

Simak: Art Market Jakarta 7 Jadi Pintu Kolaborasi Lintas Negara Asia Tenggara

Aneh! 'Topeng Kematian' Seniman Tracey Emin Akhirnya Terjual Foto: Getty Images


Dengan menambahnya potret diri Emin, National Potrait Gallery telah memiliki koleksi-koleksi besar topeng kematian lainnya. Termasuk, tokoh sejarah seperti Oliver Cromwell, Sir Isaac Newton, dan penulis Turner, Constable, Rossetti, serta Thackeray.

Karya fenomenal Emin lainnya yakni 'Everyone I Have Ever Slept With 1963-1995' dan 'My Bed'. Setelah dibeli pihak museum, pameran 'Life, Death and Memory' akan ditampilkan di ruang 16 National Potrait Gallery, mulai hari ini hingga 16 Maret 2018 mendatang.

Baca Juga: Bocah Pengungsi Suriah Bana Alabed Terbitkan Buku Memoar September


(tia/mah)
Photo Gallery
1 1 2 3 4
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed