DetikHot

art

Siapakah Ardian Syaf, Si Komikus 'X-Men Gold #1'?

Minggu, 09 Apr 2017 16:24 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Siapakah Ardian Syaf, Si Komikus X-Men Gold #1? Foto: Istimewa/ Ardian Syaf
Jakarta - Ardian Syaf dikenal sebagai komikus handal, namanya sudah diakui industri komik internasional. Hampir 10 tahun lamanya, dia berkecimpung di dua penerbitan komik dunia, Marvel dan DC Comics. Namanya pula masuk dalam jajaran komikus andalan penerbit asal Amerika Serikat itu.

Pria yang akrab disapa Aan itu kini hangat diperbincangkan gara-garanya komik terbitan Marvel 'X-Men Gold #1'. Dia menyisipkan beberapa 'pesan' terkait Aksi Damai 212 dan kisruh Surat Al Maidah 51 dengan angka 'QS 5:51' di beberapa halaman komik yang dirilis 5 April 2017 itu.


Lantaran hal itu, netizen, khususnya pembaca Indonesia berang serta menimbulkan pro dan kontra. Siapakah Ardian Syaf?

Simak: Soal 'X-Men Gold #1', Ardian Syaf Tegaskan Sudah Jelaskan pada Marvel

Pria kelahiran Desa Tenggur, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur memulai kariernya di industri komik pada 2007 silam. Dikutip dari situs resminya, Minggu (9/4/2017), proyek pertamanya bersama Penerbit Dabel Brothers (Amerika) untuk komik Dresden Files. Usai perjumpaannya dengan penulis naskah asal Irlandia Catie dari Dabel Brothers, dia mulai menandatangani beberapa kontrak dengan Marvel untuk komik 'Nightcrawler', 'Captain Britain' dan 'MI-13'.

Siapakah Ardian Syaf, Si Komikus 'X-Men Gold #1'? Foto: Istimewa/ Ardian Syaf


Di tahun 2009, dia menjadi komikus yang dikontrak secara eksklusif oleh DC Comics. Serta mulai menggarap beberapa proyek. Aan pun bekerja sebagai penciler (istilah untuk menyebut komikus yang menterjemahkan naskah ke dalam bahasa gambar).

Sebagai seorang penciler, Aan mengerjakan komik-komik superhero lain seperti 'Batman', 'Blackest Night', 'Superman', 'Green Lantern', 'Batgirl' dan lain-lain.

Lantaran bekerja di bawah dua nama besar penerbitan komik dunia, jasa gambarnya pun tak diragukan lagi. Aan dihargai hingga US$ 300 per lembar. Sederet komik superhero yang pernah digarapnya adalah 'Superman/Batman nomor 68-71, Green Lantern Corps nomor 49-52, Brightest Day nomor 0-25, dan Batgirl nomor 1'.

Mei 2012 lalu, Aan juga pernah menghebohkan pembaca komik Indonesia karena menyisipkan gambar Presiden Jokowi di komik Batgirl #1. Dia menampilkan baliho kampanye Jokowi-Ahok saat Pilkada DKI lalu, serta latar belakang kota Jakarta.

Baca Juga: Komik 'X-Men Gold #1' Jadi Kontroversi, Ini Pernyataan Marvel


(tia/ken)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed