DetikHot

art

Soal 'X-Men Gold #1', Ardian Syaf Tegaskan Sudah Jelaskan pada Marvel

Minggu, 09 Apr 2017 15:14 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Soal X-Men Gold #1, Ardian Syaf Tegaskan Sudah Jelaskan pada Marvel Foto: Istimewa
Jakarta -

Komik terbitan Marvel 'X-Men Gold #1' tiba-tiba jadi pembicaraan publik pekan ini. Lantaran memasukkan angka '212' dan 'QS 05:51' dalam komiknya, Ardian Syaf menuai hujatan dari para penggemar dan pembaca.

Facebook resmi Ardian Syaf pun heboh dengan kontroversi tersebut. Sekitar 4 jam yang lalu, komikus yang sudah bekerja hampir 10 tahun dengan Marvel maupun DC Comics itu mem-posting hasil pembicarannya bersama seorang fans di Facebook.

Hasil pembicaraan dalam bahasa Inggris dan nama fans yang disembunyikan itu menjelaskan beberapa hal yang menjadi kontroversi. Salah satunya adalah perihal Ardian yang sudah menjelaskan permasalah kontroversi pada Marvel.

Simak: Komik 'X-Men Gold #1' Jadi Kontroversi, Ini Pernyataan Marvel

"Saya sudah menjelaskan kepada Marvel apa makna dari angka-angka tersebut, mari tunggu dulu bagaimana respons dari Marvel," tulis Ardian, seperti dikutip detikHOT, Minggu (9/4/2017).

Lulusan Universitas Negeri Malang itu pun mengaku sama sekali tidak membenci penganut Yahudi maupun Kristen. "Saya bekerja dengan mereka selama 10 tahun. Dan saya juga punya banyak teman Yahudi dan Kristen," tegasnya.

Ardian menjelaskan kepada penggemar bahwa makna angka 2-12-2016 melambangkan kedamaian. Serta ada tujuh juta warga yang melakukan Aksi Damai kala itu.

"QS 5:51 yang katanya dia (Ahok) olok-olokan pun memiliki kenangan yang spesial untukku," jelasnya.

Fans tersebut pun menjawab bahwa dia mengerti dengan penjelasan Ardian. Bahkan mengapresiasi penjelasan Ardian yang mungkin saja tidak setiap hari bisa berbincang dengan fans setianya.

"Ya, dan tidak setiap orang akan mendengarkan kebenaran seperti yang kamu lakukan saat ini. Yang mereka katakan kepada saya hanya kata-kata yang kotor," timpal Ardian.

Postingan di Facebook @ArdianSyafComicArt itu pun mendapatkan respons yang beragam dari masyarakat. Sedangkan komik 'X-Men Gold #1' baik bentuk digital dan cetak sudah rilis secara internasional pada Rabu (5/4) lalu.

Baca Juga: Ada Aksi '212' dan Kisruh Al Maidah 51, Komik Marvel Ini Tuai Kontroversi
(tia/ken)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed