DetikHot

art

Galeri Seni Milik Damien Hirst Raih Penghargaan Terbaik

Jumat, 07 Okt 2016 11:32 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Galeri Seni Milik Damien Hirst Raih Penghargaan Terbaik Foto: Getty Images
Jakarta - Sebuah galeri seni di London yang dibangun di atas rumah pribadi milik seniman Damien Hirst memenangkan sebuah penghargaan arsitektur terkemuka. Penghargaan tersebut bernama Riba Stirling.

The Stirling Prize memberikan penghargaan bagi para arsitek yang berani berkontribusi dan percaya diri menciptakan karya terbaik dari arsitektur di Inggris. Galeri seni Damien Hirst yang bernama Newport Street Galllery telah melalui tiga kali renovasi dari bangunan indutri bergaya Victoria.

Koleksi bangunan sudah indah sejak awal, namun ditarik bersama-sama dengan batu bata. Penggunaan teknologi LED memberikan tambahan fasad kontemporer.

Simak: Haruki Murakami Kembali Diunggulkan di Nominasi Nobel Sastra 2016

"Secara internal, lima bangunan terhubung dengan urutan yang kontinu dan koheren sebagai ruang galeri seni yang penuh bercahaya. Sirkulasi sederhana dan logis dimeriahkan oleh rincian yang detail dan tangga nan sensual.

Presiden dari Royal Institute of British Architects, Jane Duncan, memuji dari pekerjaan Hirst. Karyanya memiliki kontribusi yang luar biasa bagi sejarah yang kuat di arsitektur Inggris.

"Galeri seni ini tidak hanya membuka koleksi seni pribadi Damien Hirst kepada dunia, tapi juga menjadi karya seni yang nyata," ujarnya, dilansir dari BBC, Jumat (7/10/2016).

Hirst pun menanggapi penghargaan dengan bahagia. "Saya sangat bangga dengan penghargaan ini dan jarang sekali ada pihak yang menghargai bangunan arsitektur ini," tutupnya.


(tia/mmu)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed