DetikHot

art

Meksiko Pamerkan Karya tentang Kehidupan Seniman 'Nyentrik' Frida Kahlo

Senin, 09 Mei 2016 12:13 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Meksiko Pamerkan Karya tentang Kehidupan Seniman Nyentrik Frida Kahlo Foto: Getty Images
Jakarta - Frida Kahlo de Rivera dikenal sebagai pelukis Meksiko yang nyentrik dan memiliki ciri khas di lukisan-lukisannya. Pemerintah Meksiko menggelar sebuah eksibisi yang menampilkan karya Frida Kahlo dan sang suami Diego Rivera yang terkunci puluhan tahun di kediaman pribadinya.

Mulai dari surat pribadi, naskah, foto-foto sampai lukisan kedua seniman yang paling terkenal di Meksiko tersebut. "Ini adalah pameran refleksi dari kehidupan,"  kata kurator pameran Eduardo Espinoza, dilansir dari Reuters, Senin (9/5/2016).

Namun, juga sebagai refleksi dari proses kedua seniman sekaligus penciptaan dalam berkarya. "Karya dua seniman tersebut juga refleksi dari hubungan manusia," kata dia.

Baca Juga: Sembilan Matahari Tampilkan 'Constellation Neverland 2.0' di Street Stage 2016

Pameran pun mencakup materi dari seniman lainnya yang memajang karya tentang bagaimana mereka berkomunikasi bersama lewat sosial media. Pameran Frida Kahlo dan Diego Rivera ditampilkan di Mexico City Rivera, di mana pasangan seniman nyentrik tersebut tinggal.

Budaya Meksiko dan tradisi budaya suku Indian tergambar dalam pameran tunggalnya. Karyanya juga disebut sebagai seni naivisme maupun seni rakyat. Kahlo menikah dengan seniman Meksiko terkenal, Diego Rivera dan sejak remaja ia menderita masalah kesehatan yang berasal dari kecelakaan lalu lintas. Isu ini terwakili dalam karya-karyanya, yang kebanyakan merupakan potret diri Kahlo.

Ia pernah mengatakan alasan menjadikan dirinya sebagai obyek dan subyek. "Aku melukis diri sendiri karena aku sering sendirian dan aku tahu mana pose dan sisi terbaik."

Dibuka pada 6 Mei, pameran bakal ditutup 17 Juni mendatang!


(tia/tia)
Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed