Papermoon Puppet Theatre Jadi Dosen Tamu Teater Boneka di Amerika

Tia Agnes Astuti - detikHot
Senin, 05 Okt 2015 14:46 WIB
Maria Tri Sulistyani dan Iwan Effendi mendirikan Papermoon Puppet Theatre (Dok.Tia Agnes)
Jakarta - Grup teater boneka asal Yogyakarta, Papermoon Puppet Theatre sudah melanglang buana ke mancanegara. Berdiri pada 2 April 2006, selama tiga bulan mendatang para pendiri Papermoon akan menjadi dosen tamu di sebuah universitas di Amerika.

Hal tersebut dikatakan salah satu pendiri Papermoon, Maria Tri Sulistyani atau akrab disapa Ria. "Rencananya setelah pementasan Senlima di Salihara, kami akan bagi dua tim," ucapnya di Komunitas Salihara, Jakarta, kemarin.

Tim Papermoon ada yang ke Italia untuk mementaskan 'Senlima' di sebuah festival seni Jerman. Sedangkan, Ria bersama suaminya Iwan Effendi berangkat ke Amerika untuk menetap sementara selama tiga bulan.

Simak: 6 Sastawan Muda Buka Bienal Sastra Salihara 2015

"Kami diundang khusus oleh Universitas Hampshire untuk mengajar teater boneka. Di akhir program yaitu Desember ada pementasan bersama," pungkas Ria.

Papermoon Puppet Theater pernah mementaskan karya di Kuala Lumpur, Philadelphia, New York, Washington DC, New Delhi, Thailand, Filipina, Jepang dan yang terbaru di tiga kota di Inggris.

Program Papermoon tahun ini pun diakui Ria cukup menguras keringat. "Buat sekarang sudah dulu, bikin ngos-ngosan. Tahun depan baru merayakan festival internasional teater boneka di Yogyakarta dan ulang tahun Papermoon," ujar Ria penuh semangat.

(tia/mmu)