detikHot

art

10 Keunikan Novelis Haruki Murakami (1)

Selasa, 26 Agu 2014 11:36 WIB - detikHot
Halaman 1 dari 6
Jakarta - Novelis asal Jepang Haruki Murakami baru saja merilis novel terbarunya yang berjudul 'Colorless Tsukuru Tazaki And His Years Of Pilgrimage'. Untuk mempromosikannya, ia menghadiri festival budaya, seni, dan sastra bergengsi di Edinburgh, Skotlandia.

Ia sebenarnya jarang tampil di media dan publik. Namun, kali ini dengan santai, ceria, dan lucu ia menjawab semua pertanyaan. "Aku sudah tinggal di Hawaii untuk sementara waktu, jadi bahasa Inggrisku berbeda dari Anda," selorohnya kepada kritikus sastra John Mullan.

Karya-karya Murakami telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Karya-karya pentingnya seperti A Wild Sheep Chase (1982), Norwegian Wood (1987), The Wind-Up Bird Chronicle (1994-1995), Kafka on the Shore (2002), dan 1Q84 (2009–2010) telah mendunia dan diterjemahkan ke berbagai bahasa.

Dalam sebuah diskusi buku bersama Mullan, Murakami membocorkan beragam fakta mengenai dirinya dan inspirasinya menulis selama ini. Dikutip dari Guardian, berikut di antara berbagai fakta unik tentang sang novelis:

(tia/mmu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com