Profil Joe Locke, Aktor Muda Inggris Anggota Baru MCU

ADVERTISEMENT

Profil Joe Locke, Aktor Muda Inggris Anggota Baru MCU

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 14 Nov 2022 19:24 WIB
PARIS, FRANCE - JUNE 23: (EDITORIAL USE ONLY - For Non-Editorial use please seek approval from Fashion House) Joe Locke attends the AMI - Alexandre Mattiussi Menswear Spring Summer 2023 show as part of Paris Fashion Week  on June 23, 2022 in Paris, France. (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images)
Foto: Getty Images/Pascal Le Segretain
Jakarta -

Kesuksesan serial Disney+ WandaVision menambah antisipasi fans Marvel Cinematic Universe (MCU) buat serial spinoff-nya yang berfokus pada karakter Agatha Harkness. Berjudul Agatha: Coven of Chaos, proyek serial MCU ini sudah mengumumkan deretan pemainnya selain Kathryn Hahn. Salah satu yang mencuri perhatian adalah Joe Locke.

Nama Joe Locke terbilang baru di industri hiburan. Proyek besar sekaligus debut aktor Inggris ini adalah serial Heartstopper yang merupakan produksi original Netflix. Joe Locke memerankan karakter bernama Charlie Spring dalam serial adaptasi dari novel grafis Alice Oseman itu. Heartstopper menjadi serial yang meledak di kalangan anak-anak generasi masa kini karena ceritanya dan juga sisi positif yang mereka hadirkan dalam cerita.

Joe Locke bernama asli Joseph William Locke yang lahir pada 24 September 2003. Tahun ini Joe Locke berusia 19 tahun dan tengah disibukkan dengan aktivitas syuting season 2 serial Heartstopper. Sejak kesuksesan season pertamanya, Netflix telah mengkonfirmasi bahwa serial ini akan lanjut sampai season 3.

Heartstopper menjadi titik balik karier Joe Locke. Dari serial ini dia menerima banyak nominasi penghargaan termasuk Children's and Family Emmy Award for Outstanding Lead Performance. Sebuah pencapaian yang luar biasa mengingat ini merupakan proyek akting profesional perdana Joe Locke di layar kaca.

Joe Locke tumbuh besar di Douglas, Isle of Man. Dalam beberapa wawancara dia menceritakan proses audisi dan juga momen ketika dirinya menerima kabar mendapat peran di Heartstopper. Kala itu dia tengah melakukan isolasi mandiri di rumah karena COVID-19 dan saat mendengar kabar dari publisisnya, Joe Locke hanya bisa berteriak di rumah sendirian.

Keterlibatan Joe Locke dalam serial Agatha: Coven of Chaos diumumkan lewat sebuah artikel eksklusif Variety pada November 2022. Joe mengungkapkan kebahagiaannya lewat unggahan Instagram kala itu. Hingga saat ini masih belum diumumkan siapa karakter yang akan diperankan Joe Locke di MCU. Namun sudah ada beberapa teori dan prediksi soal ini. Dua di antaranya adalah Franklin Richards dan salah satu anggota dari kelompok penyihir bernama Salem's Even.

Dalam sejarah Marvel Comics, Agatha Harkness memiliki kaitan dengan banyak sekali karakter. Selain Wanda Maximoff alias Scarlet Witch, dia juga menjalin hubungan baik dengan anak Susan Storm dan Reed Richards dari Fantastic Four yakni Franklin Richards. Dibesarkan oleh Susan dan Reed dan dua anggota Fantastic Four yang lain, Franklin Richards tumbuh menjadi sosok yang kuat dan pemberani. Franklin Richard punya kekuatan super yang luar biasa sehingga menarik banyak sekali Supervillain dari multiverse, termasuk Agatha.

Dikutip dari Marvel.com, Franklin Richards merupakan salah satu murid terkuat Agatha Harkness. Hingga saat ini masih belum ada wujud Franklin Richards di MCU namun bisa jadi serial Agatha: Coven of Chaos akan jadi kemunculan perdananya. Karakter ini juga bisa jadi diperankan oleh Joe Locke. Sebelumnya, Reed Richards sudah dimunculkan di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness dan diperankan oleh John Krasinski.

Franklin Richards, anak Sue Storm dan Reed Richards di komik.Franklin Richards, anak Sue Storm dan Reed Richards di komik. Foto: dok. Marvel Comics

Karakter berikutnya yang mungkin diperankan oleh Joe Locke adalah menjadi salah satu anggota Salem's Seven. Seperti namanya, Salem's Seven terdiri dari tujuh penyihir dengan kekuatan yang berbeda-beda. Beberapa di antara mereka bahkan bisa bertransformasi jadi makhluk seperti binatang. Salem's Seven merupakan anak dari Nicholas Scratch. Scratch sendiri adalah anak laki-laki Agatha.

Selain itu ada pula prediksi yang menyebutkan bahwa Joe Locke akan memerankan versi remaja dari salah satu anak Wanda Maximoff yakni Billy. Tapi hingga kini semua masih belum bisa dipastikan karena Marvel Studios masih menutup rapat informasi mengenai karakter-karakter komik yang akan mereka munculkan di Agatha: Coven of Chaos.

Variety menulis, proyek Agatha: Coven of Chaos sudah mulai dikerjakan sejak Oktober 2021. Sebelumnya serial itu sempat akan diberi judul House of Harkness sebelum akhirnya diganti jadi Coven of Chaos. 'Coven' berarti 'perkumpulan penyihir wanita' yang mengisyaratkan akan ada lebih dari satu penyihir seperti Agatha dalam serial.

Dalam komik dikisahkan Agatha Harkness mendirikan perkumpulan penyihir di abad 17 di Salem, Massachusetts. Lewat perkumpulan itu, dia berharap bisa melakukan praktik sihir secara bebas. Namun pada akhirnya mereka jadi sasaran pemburu penyihir yang dikenal dengan Salem Witch Trials. Dalam kisahnya, ada sosok mutan bernama Firestar terlibat dalam cerita ini.

Agatha: Coven of Chaos akan ditulis naskahnya oleh Jac Schaeffer. Dia juga kembali jadi produser dalam serial ini setelah WandaVision. Selain itu, mereka yang menggarap WandaVision juga kembali seperti Peter Cameron, Cameron Squires, dan Laura Donney. Kalau tidak ada perubahan, Agatha: Coven of Chaos akan tayang di Disney+ tahun depan.

(aay/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT