Sejarah Bunyi 'Tudum' di Awal Netflix

ADVERTISEMENT

Sejarah Bunyi 'Tudum' di Awal Netflix

Dicky Ardian - detikHot
Sabtu, 24 Sep 2022 11:06 WIB
Netflix
Awal mula muncul bunyi 'tudum' di Netflix. Foto: Unsplash/Freestocks
Jakarta -

"Tudum!" suara itu pasti akan terdengar ketika awal tontonan dimulai lewat layanan streaming Netflix. Suara tersebut akan disertai huruf N sebagai logonya.

Bunyi yang ikonik itu sekarang menjadi ciri khas. Suara itu sudah identik dengan Netflix. Tapi bagaimana suara itu diciptakan?

Steve Johnson, Wakil Presiden Desain Netflix, mengatakan ciri khas itu memang sengaja dibuat. Suara dan logo N di awal film harus selalu ada agar orang lebih mudah mengingat Netflix.

"Maka, kami ingin menciptakan sesuatu yang spesial untuk Netflix hingga menghabiskan waktu satu tahun mengembangkan sebuah bunyi sebagai penanda bagi penonton di seluruh dunia bahwa sesaat lagi mereka akan menyaksikan kisah yang luar biasa di rumah masing-masing," kata Johnson dalam siaran persnya.

Tapi untuk menentukan bunyi itu tidak mudah. Diskusi panjang dilakukan tim hingga akhirnya menemukan suara yang sesuai.

"Diskusi kami melibatkan begitu banyak pilihan, termasuk bunyi membuka pintu, kotak musik, instrumen musik yang tak biasa, sampai bebunyian dari dunia film di masa lampau," katanya.

Nyaris Pakai Suara Kambing

Johnson menyebut beragam suara dinilai tidak cocok untuk ada di awal film dan merepresentasikan Netflix. Sampai-sampai timnya terpikir untuk menggunakan suara hewan.

"Pada satu titik ada masanya dengan sangat serius kami mempertimbangkan apakah suara kambing dapat menjadi bunyi yang pas untuk Netflix?" cerita Johnson.

Hingga akhirnya bunyi 'tudum' ditentukan, Netflix melakukan percobaan. Hasilnya, orang-orang mengasosiasikan bunyi itu dengan dramatis, menarik, awal, bagus, singkat dan salah satu kata kunci, yaitu film.

"Respons ini membuat seluruh tim yakin mereka telah menemukan bunyi yang tepat," jelas Johnson.



Simak Video "Asal-usul Kode Genre Rahasia Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT