ADVERTISEMENT

Episode Teletubbies Ini Dilarang Tayang di Seluruh Dunia

Asep Syaifullah - detikHot
Jumat, 12 Agu 2022 14:37 WIB
Teletubbies
Serial anak-anak Teletubbies. Dok.Ist
Jakarta -

Serial Teletubbies menjadi tontonan anak-anak di era akhir 90-an. Program itu jadi salah satu tayangan favorit hampir di seluruh dunia.

Banyak yang menantikan aksi Tinky Winky, Dipsy, Laa-Laa dan Po setiap pagi hari. Namun siapa sangka ternyata ada satu episode yang dianggap terlalu seram dan berbahaya hingga dilarang tayang di seluruh dunia.

Hal itu terjadi pada episode bertajuk The Lion and The Bear yang dibuat pada 1997. Penolakan terhadap episode itu dilakukan beberapa tahun setelahnya, yakni pada 1999.

Lalu apa sebenarnya isi dari episode tersebut? Dalam tayangan itu para Teletubbies kedatangan tamu, yakni seekor singa dan beruang yang berbentuk cardboard.

Sang beruang muncul lebih dulu lalu dikejar oleh seekor singa. Namun kedatangan beruang cukup membuat takut Laa-Laa dan saudara-saudaranya.

"Aku sang beruang, aku sang beruang, aku datang," tuturnya sambil menyeringai dengan suara menakutkan.

Lalu singa yang tak kalah menyeramkan tiba.

Adegan di Teletubbies yang dilarang tayang.Adegan di Teletubbies yang dilarang tayang. Foto: Dok. HBO

"Aku singa yang menakutkan, dengan gigi ku yang menyeramkan. Aku lah yang paling menakutkan dan ditakuti," ujarnya.

Adegan itu membuat suasana makin menyeramkan di mana Laa-Laa meminta suadaranya untuk bersembunyi dari kejaran mereka.

Episode itu menuai kecaman dari para orang tua yang menyebutkan anak-anak bisa trauma melihatnya dan menjadi pembahasan publik.

Bahkan salah satu ulasan menjuluki adegan itu sebagai film horor terbesar sepanjang masa.

Empat tahun kemudian BBC mengedit sketsa agar lebih ramah anak. Dalam sketsa yang disensor, banyak elemen asli telah diubah. Kini para Teletubbies tampak heboh dengan kedatangan beruang.

Suara beruang juga telah diedit agar terdengar tidak terlalu menakutkan dan musik yang mengancam diganti dengan sesuatu yang lebih ceria.

Alih-alih ditakuti oleh si beruang, para Teletubbies kini malah terkikik melihat kehadirannya. Mereka terus tertawa sepanjang jalan dan merayakan ketika Singa mengejar Beruang jauh-jauh, bukannya melarikan diri sendiri.



Simak Video "Serunya Bermain Bubble di Hamparan Hijau Bukit Teletubis, Sulawesi Tengah"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT