ADVERTISEMENT

Cerita Pembuatan Novel Gadis Kretek yang Jadi Serial Dian Sastro di Netflix

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 19 Jul 2022 19:35 WIB
Gadis Kretek
Para bintang dan sutradara serial Gadis Kretek yang dijadwalkan tayang 2023 mendatang.Dok. Netflix
Jakarta -

Semenjak pandemi COVID-19, ada banyak sekali serial-serial lokal yang menjadi tontonan favorit dan menggantikan film-film bioskop. Hal itu pun terus berlanjut hingga saat ini dan membuat para penonton menjadi punya opsi lebih banyak dalam memilih hiburan.

Terbaru ada serial Gadis Kretek yang akan ditayangkan di Netflix. Dibintangi oleh nama-nama besar seperti Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Putri Marino hingga Arya Saloka, serial itu langsung menjadi perbincangan setelah diumumkan.

Beragam netizen tak sabar menantikan aksi para aktris dan aktor top Tanah Air di bawah arahan dari pasangan sutradara Ifa Isfansyah dan Kamila Andini. Namun sayangnya hingga saat ini masih belum ada tanggal resmi kapan serial itu tayang dan hanya dijadwalkan pada 2023 mendatang.

Gadis Kretek merupakan novel yang dibuat oleh Ratih Kumala pada 2012 lalu dan menjadi best seller serta masuk dalam 10 besar penerima penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa.

Novelis Kronik Betawi itu menceritakan riset buku yang ditulisnya selama 4 tahun dilakukan secara on dan off. Dari masa 4 tahun, ada setahun ia 'puasa' membaca dan menulis karya sastra.

"Ini termasuk karya saya yang lumayan serius dan butuh biaya serta waktu yang fokus mengerjakannya," ungkap Ratih seperti dikutip detikcom.

Ratih menceritakan sampai harus terjun mendatangi lokasi pabrik-pabrik kretek yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ia juga membeli bungkus kretek yang artistik sampai mengoleksinya 200 bungkus.

"Buat saya membeli bungkus kretek itu menunjang riset saya. Riset itu kan akhirnya di-combine dengan ide cerita yang dipunya. Misalnya riset untuk bab tiga sudah ketemu, ya aku nulis dulu itu," sambungnya.

Setiap riset dan alur cerita yang dituliskan, Ratih mengakui hal tersebut seperti sebuah puzzle. Seorang penulis harus bisa menulis mulai dari mana saja.Bisa memulai ulang babnya dari mana untuk menyajikannya," pungkasnya.

Novel Gadis Kretek terinspirasi dari kisah tentang pabrik rokok kretek kakeknya yang meninggal sebelum Ratih lahir. Usaha pabrik kretek kakeknya itu berada di Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.



Simak Video "NETFLIX Kehilangan 1 Juta Pengikut di Pertengahan 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT