China Akhirnya Izinkan Drakor Tayang

Asep Syaifullah - detikHot
Jumat, 04 Mar 2022 13:48 WIB
Poster drama Korea Something in the Rain (JTBC)
Poster drama Korea 'Something in the Rain' Sok. JTBC
Jakarta -

Baru-baru ini, pemerintah China telah menunjukkan tanda-tanda perubahan sikapnya terhadap konten-konten dari Korea yang telah absen dari jaringan TV China, platform streaming video formal, dan bioskop selama sekitar lima tahun.

Hal itu dibuktikan lewat penayangan drama Korea Selatan bertajuk Something in the Rain. Drama tersebut pun telah disiarkan di platform online China pada Kamis (3/3) dan menjadi acara TV Korea pertama yang mendapat persetujuan dari pengawas TV Beijing dalam waktu sekitar enam tahun.

Dilansir dari iQIYI, Something in the Rain yang dibintangi Son Ye-jin dan Jung Hae-in ditayangkan pada pukul 08.00 malam waktu setempat.

Mereka juga akan merilis serial-serial versi China dari program televisi yang populer di Korea yang dulu ditayangkan pertama kali pada 2018 di JTBC.

Something In The Rain pun menjadi serial TV Korea kedua yang dirilis melalui saluran TV atau platform video resmi di daratan Tiongkok setelah serial fantasi romansa 2017 Saimdang: Memoir of Colors pada bulan Januari.

Namun, Something in the Rain dianggap sebagai acara TV Korea pertama yang disetujui oleh Administrasi Radio dan Televisi Nasional China (NRTA) sejak 2017, ketika Beijing memberlakukan larangan secara tersembunyi pada konten Korea sebagai protes atas keputusan Seoul untuk menyebarkan sistem pertahanan rudal AS. yang dikenal sebagai THAAD.

Saimdang diizinkan untuk disiarkan pada November 2016, tetapi rilis sebenarnya terjadi pada Januari tahun ini. Sementara Something in the Rain memperoleh persetujuan NRTA sekitar sebulan setelah mengajukan peninjauan pada Januari.

"Saya mendengar bahwa persetujuan (dari Something in the Rain) dibuat oleh NRTA di Beijing," kata Jang Seong-hwan, kepala Kantor Komisi Hak Cipta Korea di Beijing.

"Jika tidak ada masalah lain, acara TV Korea dapat disetujui oleh NRTA di wilayah lain," tambahnya.

Film komedi "Oh! My Gran" (2020), yang dibintangi oleh aktris veteran Na Moon-hee, tayang di bioskop Tiongkok pada bulan Desember tahun lalu, menjadi film buatan Korea pertama yang dirilis di Tiongkok sejak film aksi periode Assassination pada tahun 2015.

Saimdang pun dirilis di Mango TV, platform video online milik pemerintah Hunan Broadcasting System, bulan lalu. Saluran TV lokal penyiar juga menayangkan versi serial TV yang disulihsuarakan.



Simak Video "Drama Korea 'Something in the Rain' akan Dibuat Versi India"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dal)