Ketahuan! Properti Drama Ini Plagiat

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Selasa, 07 Des 2021 09:25 WIB
Drama Luoyang
Drama Luoyang dituding plagiat. Dok. Instagram
Jakarta -

Setelah dikabarkan tayang sejak 1 Desember yang lalu, drama sejarah detektif berjudul Luoyang mendapat tuduhan plagiarism. Hal ini dikarenakan adanya sebuah properti yang diduga telah dijiplak oleh tim produksi.

Drama Luoyang sempat mendapatkan pujian karena memiliki nilai produksi yang tinggi. Pemeran utama dalam Luoyang ini dibintangi oleh Huang Xuan dan Wang Yibo. Usai mendapat pujian sejak pemutaran perdananya pada 1 Desember yang lalu, muncul sebuah tuduhan terkait adanya property yang diduga merupakan hasil plagiat.

Tim produksi dari drama Luoyang pun segera merilis permintaan maaf di akun media sosial resmi mereka. Kasus ini pun sempat memanas karena diangkat oleh warganet.

Pada episode pertama, terdapat adegan di mana karakter Wang Yibo dan Song Yi akan melangsungkan pernikahan. Song Yi saat itu memegang sebuah kipas pengantin berwarna merah.

Rupanya properti kipas itu memiliki desain yang sama milik seorang blogger desainer bernama Jia Ran. Setelah mengetahui hal tersebut, Jia Ran pun langsung memberikan tuduhan atas hasil jiplakan karyanya yang digunakan dalam drama tersebut.

"Produk yang ditampilkan dalam drama itu merupakan hasil plagiat. Di masa lalu, ada banyak orang yang menjiplak hasil karya-karya orang lain untuk dijadikan produk dalam situs belanja, tetapi kini justru ada yang menggunakannya di acara televisi. Kapan kebiasaan ini akan berakhir?" tulis Jia Ran.

Menanggapi tuduhan tersebut, tim produksi Luoyang pun mengaku kelalalian mereka dan menyatakan bahwa telah meminta maaf kepada pihak Jia Ran serta pemirsa.

"Saya merasakan permintaan maaf yang tulus dari tim produksi Luoyang. Daripada masih menyimpan rasa kesal, saya ingin fokus pada pertumbuhan saya untuk masa depan," jawab Jia Ran.



Simak Video "Gegap Gempita Allo Bank Festival 2022 Day 3"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)