Karier Gemerlap Yang Zi dari Aktris Cilik Menjadi Queen Weibo

Shifa Nur Fadilla - detikHot
Selasa, 05 Okt 2021 21:04 WIB
Yang Zi
(Foto: dok. Istimewa/Weibo Yang Zi) Berawal dari aktris cilik, kini Yang Zi jadi salah satu selebriti populer di China. Dia bahkan pernah dinobatkan sebagai Queen of Weibo.
Jakarta -

Yang Ni Ao atau lebih akrab disapa Yang Zi merupakan salah satu bintang Tiongkok yang populer di kalangan pecinta drama China. Perempuan kelahiran Beijing, 6 November 1992 ini berprofesi tak hanya sebagai aktris tapi juga penyanyi dan model. Yang Zi merupakan lulusan dari Program Sarjana Akademi Film Beijing.

Yang Zi mengawali kariernya sebagai aktris cilik. Hingga akhirnya kariernya terus melambung dan Yang Zi pun dikenal telah membintangi banyak drama hits serta film. Di usianya yang menginjak 13 tahun, Yang Zi semakin dikenal melalui perannya dalam sitcom Home With Kids. Pada saat itulah karier Yang Zi semakin melesat.

Pada tahun 2002, Yang Zi mengembangkan sayap kariernya dengan membintangi sebuah drama emosional sejarah. Ia menjadi salah satu pemeran karakter dalam drama The Secret History of Xiaozhuang. Lalu di tahun 2004 Yang Zi berhasil meraih penghargaan pada nominasi Penghargaan Aktor Anak Luar Biasa dari Penghargaan Aktor Anak Luar Biasa ke-12 Penghargaan Film Tong Niu Tiongkok.

Tidak hanya itu, di tahun 2012, Yang Zi Kembali memenangkan sebuah penghargaan yaitu Pendatang Baru Terbaik dari Penghargaan Golden Phoenix ke-14 dari Masyarakat Film dan Seni Pertunjukan Tiongkok untuk film thriller dan misteri Shou Zhu Ren.

Kemudian di tahun 2013, Yang Zi bergabung dengan sebuah drama idola remaja inspirasional. Dan di tahun 2014, Yang Zi Kembali membintangi sebuah drama epik revolusioner modern berjudul War Changsha.

Hingga kini Yang Zi masih terus bergelut dalam dunia perfilman. Banyak drama dan film baru yang telah ia bintangi. Bertajuk The Oath of Love dan Psychologist drama tersebut merupakan drama terbaru yang dibintangi oleh Yang Zi.

Yang Zi juga berhasil meraih peringkat satu dalam daftar Most Commercially Valuable Stars tahun 2020, dalam acara penghargaan Weibo Entertainment White Paper. Selama dua tahun berturut-turut sejak 2019 hingga 2020 itulah Yang Zi dinobatkan sebagai Queen of Weibo.

(aay/aay)