Dibayar Rp 143 Juta Sebulan, Kreator Tiktok Pindah ke YouTube?

Asep Syaifullah - detikHot
Kamis, 02 Sep 2021 09:04 WIB
Alyssa McKay
Alyssa McKay, Tiktokers yang kini pindah ke YouTube Short. Dok. Instagram
Jakarta -

Promosi gila-gilaan yang dilakukan YouTube untuk mengembangkan platform terbarunya yakni YouTube Short ternyata menarik perhatian banyak konten kreator dari TikTok.

Beberapa pun memutuskan untuk lebih fokus di platform baru tersebut dan terpaksa menelantarkan akun TikToknya demi iming-iming bayaran sebesar USD 10 ribu atau senilai Rp 143 juta per bulannya.

Seperti yang dilakukan oleh Alyssa McKay, yang telah memiliki 8,5 juta followers di TikTok, jadi salah satu konten kreator perdana di YouTube Short sejak Februari lalu. Awalnya ia hanya diikuti 40 ribu subscriber saja.

Ia pun mengikuti trend yang tengah ramai di TikTok dan mengubah konten yang sebelumnya diunggah di aplikasi asal China tersebut. Ia memajang video-video bertemakan 'rich girls' dan menjadi trend baru di YouTube Short.

Kini akunnya sudah diikuti lebih dari 500 ribu subscribers dan unggahan miliknya itu pun menjadi video paling popular di YouTube Short dan disaksikan lebih dari 13 juta kali.

Dua kreator lainnya, Katie Feeney dan Hannah Montoya juga meraup sukses di platform tersebut. Dalam jangka waktu 30 hari saja, Montoya berhasil mendapatkan 125 ribu subscriber usai debut di Short (sebelumnya memiliki 3,8 juta followers di TikTok).

[Gambas:Instagram]



Sementara Feeney berhasil mendapatkan 750 ribu subscriber usai tiga bulan bergabung (sebelumnya punya 6,3 juta followers di TikTok).

"Bahkan sejak kecil aku ingin menjadi YouTube... Namun aku sama sekali tak mengetahui algoritma YouTube atau bagaimana untuk tumbuh (jadi terkenal) dengan penggunaan video panjang tersebut," ungkap Feeney yang kerap mengunggah video vlog bergaya komedi.

"Tak peduli sekeras apa pun aku mengeluarkan semua dari TikTok ke akun YouTube ku, aku selalu tertahan di angkat ini, 200 ribu subscriber, Namun semua berubah usai hadirnya Short," tambahnya.

Baru-baru ini YouTube mengumumkan jika mereka akan memberikan gaji bagi para konten kreator di Short. Tak seluruh konten kreator yang mendapatkannya, mereka akan memilih ribuan di antara mereka yang sudah berhasil melakukan monetize.

Gaji yang diberikan pun beragam, mulai dari USD 100 hingga 10 ribu berdasarkan jumlah penonton dan engagement yang dimiliki mereka di YouTube Short.



Simak Video "Beda YouTube Shorts dengan TikTok dan 'Reels' Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/nu2)