5 Sinetron 90an yang Bikin Penonton Rindu

Nabila Ishma Nurhabibah - detikHot
Sabtu, 20 Mar 2021 18:14 WIB
Aktris Diana Pungky menghadiri pemakaman pelawak Eko DJ. Si Jinny ini masih tetap cantik meski sudah jarang terlihat.
Diana Pungky Foto: Pool/Noel/detikHOT.
Jakarta -

Era tahun 90an meninggalkan banyak kenangan yang tidak terlupakan hingga saat ini. Dunia hiburan di zaman itu menghasilkan karya-karya legendaris dengan ciri khasnya sendiri.

Tahun 90an menjadi titik balik perkembangan dunia pertelevisian Indonesia. Televisi swasta mulai muncul dengan tayangan-tayangan sinetron yang menarik banyak penonton.

Tayangan sinetron yang ringan dan menghibur disajikan dengan sangat natural oleh para pemain. Meskipun masih dibuat menggunakan alat yang terbatas, namun sinetron-sinetron tahun 90an berhasil menanamkan rindu di hati masyarakat Indonesia.

Kita bakal ajak kamu bernostalgia dengan sajian sinetron-sinetron yang populer di tahun 90an. Simak artikel berikut ini.

Si Doel Anak Sekolahan

Siapa yang tidak tau sinetron yang satu ini? Sampai saat ini episode-episode Si Doel Anak Sekolahan masih sering diputar ulang di televisi. Bahkan, Sinetron ini di angkat ke film layar lebar yang berjudul Si Doel The Movie, Si Doel The Movie 2 dan Akhir Kisah Cinta Si Doel. Sinetron yang disutradarai sekaligus diperankan oleh Rano Karno ini pertama kali ditayangkan pada tahun 1994 dengan total 7 musim dan 162 episode. Si Doel Anak Sekolahan menceritakan tentang kehidupan Doel dan keluarganya yang berusaha mempertahankan nilai budaya betawi ditengah zaman yang semakin modern.

Tersanjung

Bicara tentang era 90an tidak bisa dilepaskan dari sinetron berjudul Tersanjung. Pada masanya, popularitas dari sinetron legendaris ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Tayang sejak 1998, sinetron ini bertahan cukup lama selama 7 musim hingga tahun 2005. Sinetron dengan pemeran utama Ari Wibowo dan Lulu Tobing ini banyak menghadirkan adegan tangis dan emosi. Kisah dari sinetron Tersanjung juga diangkat ke dalam film layar lebar berjudul Tersanjung The Movie.

Tuyul dan Mba Yul

Sinetron Tuyul dan Mbak yul pertama kali tayang di layar kaca pada tahun 1997. Bergenre komedi, sinetron ini mengisahkan tentang seorang tuyul yang insaf dan ingin berhenti menjalankan tugasnya. Namun, Ia dikejar oleh tuyul algojo yang diutus oleh raja tuyul. Kemudian, tuyul yang diperankan oleh Ozzy Syahputra ini akhirnya bertemu dengan Yulia yang kemudian mengurusnya bersama kedua adiknya.

Jinny Oh Jinny

Sinetron satu ini sudah tidak asing lagi bagi generasi 90an. Mengisahkan tentang Bagus, pencari mutiara di PT. Mutiara hati yang menemukan kerang ajaib saat menyelami dasar laut. Ternyata, kerang ajaib yang ditemui Bagus berisi jin cantik yang bernama Jinny. Mereka kemudian menjadi sahabat dan Jinny seringkali membantu Bagus menyelesaikan pekerjaannya. Sinetron komedi ini diperankan oleh Diana Pungky sebagai Jinny dan Indra Bruggman sebagai Bagus.

Saras 008

Dunia hiburan di era 90an memiliki seorang pahlawan perempuan yang ikonik yaitu Saras 008. Sinetron ini mengisahkan tentang seorang pahlawan perempuan cantik pembela kebenaran yang melawan musuh-musuh yang mengancam manusia. Peran unik yang dimainkan oleh Cindy Dewiana ini menjadi pemicu lahirnya sinetron manusia super lainnya seperti Panji Manusia Millenium. Sinetron ini bertahan salam 6 tahun sejak ditayangkan pertama kali di tahun 1998.



Simak Video "Hersi Helinda Dijuluki 'Ibu Mertua Terkejam di Dunia', Kok Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)