Sejarah Nintendo Diangkat Jadi Serial Dokumenter

Asep Syaifullah - detikHot
Minggu, 21 Feb 2021 08:07 WIB
lelang konsol langka nintendo playstation
Foto: Heritage Auctions
Jakarta -

Para gamers tentunya sudah tak asing dengan Nintendo, konsol gaming yang menemani sejak era 80-an tersebut. Bahkan hingga saat ini pun masih banyak fans berat konsol tersebut yang ogah berpaling dan berganti konsol lainnya.

Kelahiran Nintendo Entertainment System (NES) pada 1980 pun menjadi gebrakan di seluruh dunia dan jadi bagian ikon kebudayaan masa itu di mana game-game miliknya mulai membuat para remaja dan anak-anak kecanduan hingga melahirkan kompetitor lainnya.

Ada banyak game dari Nintendo yang menemani kita tumbuh besar, entah Zelda, Mario Kart ataupun Animal Crossing, tergantung dari tahun kelahiran masing-masing gamers.

Nintendo pun seolah menjadi ikon dari industri game hingga saat ini, meski pun tak banyak yang tahu bagaimana sejarah dari perusahaan game yang didirikan oleh Nintendo Karuta pada 1889.

Hal tersebut pun akan menjadi bahasan menarik dari serial dokumenter bertajuk Playing With Power: The Nintendo Story yang dibuat oleh Jeremy Snead dan Sean Astin yang sempat membuat film Video Games: The Movie pada 2014.

Dilansir dari Syfy, disebutkan jika serial lima episode itu akan membahas tentang sejarah Nintendo dan dampaknya di dunia game selama 40 tahun belakangan ini dari sudut pandang tokoh-tokoh penting di industri tersebut seperti Phil Spencer dari Xbox, streamer Natalie Casanova, penulis Chris Kohler hingga bos Nintendo Amerika Serikat yakni Reggie Fils-Aime.

Momentum perilisan dokumenter tersebut pun dianggap sangat pas karena pada tahun lalu Nintendo berhasil meraih rekor penjualan lewat konsol Nintendo Switch.

Meskipun dirilis sejak empat tahun lalu, konsol itu berhasil mengalahkan para pesaingnya. Bahkan meskipun PS5, Xbox Series X, Xbox Series S dan lainnya digabungkan tetap tak bisa mengalahkan angka penjualan produk tersebut selama 2020 di Inggris.

Playing With Power direncanakan tayang pada 1 Maret di layanan berbayar Crackle.



Simak Video "Mengintip Penampakan Nintendo Switch OLED yang Baru Dirilis"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dal)