Ada Adegan Ranjang, Sinetron Ini Ditegur KPI

Asep Syaifullah - detikHot
Sabtu, 10 Okt 2020 15:37 WIB
Haico Van der Veken
Foto: Instagram/haico.vdv
Jakarta -

Sinetron Samudra Cinta mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) karena menampilkan adegan ranjang. Mereka mendapatkan teguran administratif karena kesalahannya itu.

Sinetron yang dibintangi Haico Van der Veken dan Rangga Azof tersebut dianggap melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012 yang berisi tentang aturan kesopanan dan kesusilaan.

Mereka menyoroti sebuah adegan antara Rangga yang berperan sebagai Samudra dan Haico yang berperan sebagai Cinta yang ditayangkan pada 24 September pada pukul 19.43 WIB.

Dalam tayangan tersebut ditampilkan adegan pria dan wanita di atas ranjang dan bertindihan, berguling dan saling berganti posisi. Pihak KPI pun mengirimkan surat teguran pada 30 September lalu.

Wakil Ketua KPI, Mulyo Hadi Purnomo, merasa jika adegan seperti itu tak pantas disiarkan pada jam tersebut karena harusnya tayangan pada pukul tersebut hanya tayangan yang ramah untuk anak-anak.

Meskipun Rangga dan Haico masih mengenakan busana dalam adegan tersebut, ia menilai jika hal itu masih bisa ditiru oleh anak-anak.

"Kami menilai adegan tersebut memberikan pengalaman visual yang tidak baik. Adegan demikian juga tidak memperhatikan kepentingan anak. Anak masih rentan peniruan. Dalam klasifikasi R atau remaja, tayangan mestinya sensitif terhadap kepentingan tumbuh kembang anak."

"Memperhatikan kemungkinan anak juga ikut menonton. Karena itu, kami menyatakan sinetron Samudra Cinta telah melanggar aturan dan patut mendapatkan sanksi," ujar Mulyo dalam situs KPI pada Sabtu (10/10).

Sebelumnya KPI memang mendapatkan banyak pengaduan dari netizen soal adegan yang dianggap tak pantas itu. Mereka heran kenapa adegan seperti itu bisa lolos dan tayang di televisi hingga disaksikan oleh anak-anak.

"Yang kaya gini lolos sensor, giliran spongebob disensor...hadeh," tulis netizen.

"Ini salah satu tv Indonesia yang sangat merusak moral bangsa," tulis lainnya.

Namun tak sedikit pula netizen yang membela sinetron tersebut.

"Nonton sinetronnya dong jangan mikir negatif mulu, kalian gatau kan kalo hasil dari main sinetron mereka sumbangkan buat anak yatim. #teambarbar #teambarbarbusut Semangat terus Haizofku abaikan aja orang yang syirik mah," tulis salah seorang fansnya.

(ass/aay)