Prime Suspect Tennison: Awal Mula Detektif Jane Tennison

Rasyid Baihaqi - detikHot
Selasa, 06 Okt 2020 08:40 WIB
Prime Suspect Tennison
Foto: (dok.imdb.)
Jakarta -

Bagi Anda yang pernah menonton serial televisi Prime Suspect buatan Lynda La Plante, pasti sudah tak asing dengan tokoh fiksi Jane Tennison yang diperankan Helen Mirren. Setelah terakhir tayang tahun 2006, Jane Tennison beraksi lagi dalam serial baru berjudul Prime Suspect Tennison yang merupakan prekuel dari serial sebelumnya. Serial yang tayang tahun 2017 ini bercerita tentang Jane Tennison muda yang berusaha mengungkap pembunuhan seorang gadis muda bernama Julie Ann Collins.

Kisah awal mula detektif Jane Tennison menjadi daya tarik utama dalam serial Prime Suspect Tennison yang sudah mendunia. Pada episode pertama, kita bisa melihat tokoh Jane Tennison yang ambisius dan bekerja keras menjadi seorang polisi. Adegan pertamanya saja langsung memperlihatkan Tennison yang rela hujan-hujanan demi menolong seorang perempuan lansia yang dijambret di pinggir jalan. Tennison juga bekerja hingga larut malam, orang tuanya pun khawatir dengan Tennison.

Prime Suspect TennisonPrime Suspect Tennison Foto: (dok.imdb.)

Skenarionya tidak bertele-tele, kasus pembunuhan yang melibatkan Tennison langsung muncul sejak awal. Adegan pertama Tennison di dalam bus bersamaan dengan adegan penemuan mayat seorang gadis. Pemilihan warna gambar yang terlihat pucat juga menguatkan suasana yang dibangun dalam cerita. Film ataupun serial bergenre kriminal memang identik dengan pemilihan warna gambar yang kelam dan gelap.

Suasana London tahun 70-an sangat terasa melalui pemilihan lokasinya yang tampak antik dan propertinya yang sesuai dengan zamannya. Banyak mobil tua yang melintas di jalanan misalnya bus tingkat khas London. Belum lagi tata busana dan rias rambutnya yang khas sekali era 70-an. Rambut panjang bergelombang Tennison mewakili mode rambut perempuan pada zamannya. Apalagi Eddie Phillips dan kawan-kawan berandalnya tampak seperti band-band rock Inggris tahun 70-an.

Stefanie Martini adalah pilihan yang tepat untuk memerankan tokoh Jane Tennison. Tatapan tajamnya mirip sekali dengan tatapan Helen Mirren, seakan-akan mereka adalah orang yang sama. Sementara Sam Reid yang berperan sebagai inspektur detektif Len Bradfield juga cocok menjadi atasan Tennison. Dengan postur tegap dan suaranya yang berat, Sam tampak berwibawa dan bijak sebagai inspektur detektif.

Kisah Tennison pada episode pertama masih banyak menyisakan pertanyaan, terutama seorang narapidana Cliff Bentley yang sosoknya masih misterius dan kisahnya belum terhubungan dengan kasus Tennison. Meski muncul sedikit tapi Cliff Bentley sepertinya akan menjadi sosok penting dalam Prime Suspect Tennison. Apakah ia akan memudahkan kasus Tennison atau malah sebaliknya?

Prime Suspect Tennison dapat disaksikan di Mola TV.



Simak Video "Ternyata Sophia Latjuba dan Iwan Fals Orangnya Cemburuan!"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)