Ini Karakter Biseksual Pertama Disney

Nugraha - detikHot
Minggu, 16 Agu 2020 18:43 WIB
The Owl House
Tayangan animasi The Owl House / Foto: (dok.imdb.)
Jakarta -

Serial animasi Disney Channel, The Owl House jadi salah satu yang punya karakter biseksual pertama di dunia Disney. Ia adalah Luz Noceda, tokoh protagonis berusia 14 tahun.

Luz Noceda adalah remaja normal yang melakukan perjalanan ke dunia lain buat jadi penyihir. Luz Noceda diceritakan dirinya tertarik pada karakter pria dalam serial tersebut.

Dalam dua episode terbaru, Enchanting Grom Fright dan Wing It Like Witches, hubungan antara Luz dan karakter Amity berulang kali dieksplorasi. Terungkap bahwa Amity berniat mengajak Luz ke Grom, Prom versi dunia mereka, dan keduanya menari bersama.

Disney memang tak mengumumkan soal biseksual Luc Noceda. Namun kabar itu mulai membanjiri timeline Twitter dengan penilaian para netizen.

Pembuat serial tersebut, Dana Terrace lalu ikut muncul di Twitter. Ia memperkuat teori netizen di Twitter yang menegaskan itu memang gambaran dari hubungan LGBTQ.

"Saya sangat terbuka tentang niat saya untuk menempatkan anak-anak queer sebagai pemeran utama," tulis Terrace.

Meski pada awalnya Terrace mengaku butuh perjuangan besar untuk menampilkannya dalam serial tersebut. Sampai akhirnya, ia mendapat lampu hijau dari petinggi Disney.

The Owl HouseLuz Noceda dalam The Owl House Foto: (dok.imdb.)

"Kami mendapat lampu hijau, saya diberitahu oleh beberapa pimpinan Disney bahwa saya tidak dapat mewakili segala bentuk hubungan bi atau gay di saluran tersebut."

"Saya bi! Saya ingin menulis karakter bi!" kicau Terrace.

"Untungnya, sikap keras kepala saya terbayar dan sekarang saya sangat didukung oleh kepemimpinan Disney saat ini."

Mantan penggarap animasi untuk The Owl House, Spencer Wan membagikan storyboard untuk adegan dansa antara Luz dan Amity. Ia menulis bahwa adegan tersebut merupakan pertama kalinya yang membuatnya merasa aneh.

Ini bukan pertama kalinya Disney memasukkan karakter LGBTQ secara terbuka. Beberapa kali ada karakter yang telah direpresentasikan, khususnya dalam film Onward, karakter Officer Spector, yang disuarakan oleh Lena Waithe. Karakter tersebut diidentifikasi sebagai lesbian.



Simak Video "18 Channel Disney yang Bakal Tutup Mulai Oktober 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/doc)