Dari One Piece sampai Dragon Ball, Siap-siap Digempur 3000 Anime di YouTube

Asep Syaifullah - detikHot
Jumat, 14 Agu 2020 20:02 WIB
Marco, karakter di manga One Piece.
Anime One Piece. Dok. Ist
Jakarta -

Studio-studio besar anime mulai melirik YouTube sebagai platform baru untuk meraih keuntungan. Mulai dari Toei Animation hingga Kodansha bersatu dan membuat sebuah channel di YouTube di mana mereka akan menyiarkan anime-animenya tersebut.

Channel yang dinamakan Animelog atau Anilog itu mulai diluncurkan pada hari ini, Jumat (14/8) oleh Analyzelog, perusahaan yang merancang strategi digital dari perusahaan besar. Mereka pun berniat untuk menggabungkan 30 perusahaan dan menyediakan 3000 judul anime dengan target penonton hingga 300 juta pada 2022 mendatang.

Target audience mereka saat ini masih di Jepang, namun mereka juga merencanakan untuk meluaskan pasarnya dengan menambahkan sub-titled berbahasa Inggris dan Cina.

Salah satu anime yang pertama diluncurkan adalah Black Jack yang diangkat dari karya Osamu Tezuka. Anime tersebut pertama kali ditayangkan pada 2000 lalu oleh Yomiuri TV. Kemudian ada anime lawas yakni Future Boy Conan yang dibuat oleh Hayao Mizaki pada 1978 lalu dan diproduseri oleh Nippon Animation.

Sebenarnya Kadokawa dan Toei Animation sudah memiliki channel tersendiri di YouTube dan kerap menampilkan anime mereka. Namun diyakini jika penggabungan tersebut akan membesar pangsa pasar hingga pendapatan iklan dibandingkan jika masing-masing.

Lalu anime apalagi yang akan disiarkan di sana?

One Piece

Manga One PieceAnime One Piece. Foto: Manga One Piece/ Istimewa

Salah satu anime paling laris di dunia yakni One Piece diangkat dari manga karya Eiichiro Oda. One Piece diproduksi oleh Toei Animation dan mulai ditayangkan pada Oktober 1999 lalu di Fuji TV.

Bercerita tentang kehidupan Monkey D Luffy yang bercita-cita menjadi raja bajak laut dan mengarungi lautan bersama rekan-rekannya, One Piece berhasil menjadi salah satu manga terlaris sepanjang masa.

Beragam karakter dan alur cerita kompleks membuat pembaca dan penontonnya selalu penasaran dibuatnya. Hingga saat ini anime One Piece sudah tayang sebanyak 900 episode. Bahkan pada 2016 lalu, mereka berhasil menjadi anime paling populer di tahun itu karena dinantikan 1,9 juta pemirsa.

Dragon Ball

Dragon Ball: Xenoverse 2Dragon Ball: Xenoverse 2. Foto: istimewa

Diangkat dari Shonen Jump, Dragon Ball berhasil menjadi salah satu anime yang paling laris di seluruh dunia. Ditayangkan perdana pada 26 Februari 1986 lalu di Fuji TV, Dragon Balls berhasil mendunia hingga diputar di 81 negara.

Akira Toriyama dengan cerdas membuat para penggemarnya terhanyut dalam petualangan Goku untuk mengumpulkan tujuh dragon balls. Beragam musuh dan karakter dihadirkan Akira hingga melahirkan seri-seri berikutnya seperti Dragon Ball Z sampai Super Dragon Ball Heroes.

Slam Dunk

Slam DunkSlam Dunk. Foto: istimewa

Slam Dunk adalah anime yang diangkat dari manga dengan judul sama karya Takehiko Inoue. Bercerita soal tim basket dari Shohoku High School, anime Slam Dunk mulai ditayangkan pada Oktober 1993.

Anime tersebut pun mendapatkan sambutan di negara-negara lainnya bahkan hingga Eropa. Manganya sendiri pernah dinobatkan sebagai manga paling laris di sepanjang sejarah usai laku 121 juta kopi hanya di Jepang saja.

Bercerita tentang Hanamichi Sakuragi yang mencoba menjadi atlet basket demi mendapatkan pacar, anime dan manga tersebut pun mendapatkan penghargaan dari federasi basket di Jepang karena dianggap sudah mempopulerkan olahraga tersebut.

Attack on Titan

Attack on TitanAttack on Titan. Foto: istimewa

Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan merupakan anime yang diangkat dari manga karya Hajime Isayama. Anime tersebut pertama kali ditayangkan pada April 2013 lalu dan meraih sukses besar di Jepang, Eropa hingga Amerika Serikat.

Diproduksi oleh Kodansha, Attack on Titan awalnya muncul dalam serial bulanan mereka yakni Bessatsu Shonen Magazine pada September 2009. Namun siapa sangka jika manga mereka menjadi salah satu manga terlaris sepanjang masa dengan raihan 100 juta kopi di seluruh dunia.

Attack on Titan bercerita tentang perjuangan umat manusia melawan titan, makhluk raksasa yang memakan dan memburu manusia dari balik tembok besar. Sang protagonis, Eren Yeager, digambarkan sebagai pemuda yang berencana membalas dendam pada titan yang membunuh ibunya.

Fairy Tail

Manga 'Fairy Tail'Anime Fairy Tail. Foto: Istimewa

Fairy Tail berhasil mencuri perhatian baik lewat anime maupun manga usai dirilis pertama kali pada 2 Agustus 2006 oleh Kodansha di Shonen mingguannya. Manga karya Hiro Mashima itu pun mulai ditayangkan perdana tiga tahun berselang yakni pada 12 Oktober 2009.

Bercerita tentang pemuda berkekuatan naga yakni Natsu Dragneel yang menjelajahi kerajaan Fiore untuk mencari ayah angkatnya, manga tersebut berhasil mendapatkan tempat di hati para fans dengan kekuatan sihir dan tingkah lucu karakternya itu.



Simak Video "Film Dragon Ball Bakal Rilis Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/nu2)