Sinopsis Elysium, Menyelamatkan Diri dari Bumi yang Sekarat

Tim detikhot - detikHot
Kamis, 25 Jun 2020 10:58 WIB
Elysium
Elysium tayang di Bioskop Trans TV / Foto: (dok. imdb.)
Jakarta -

Elysium menjadi salah satu film fiksi ilmiah yang menggambarkan tentang bumi di masa depan. Film ini menampilkan bumi yang kian renta dan semakin tak layak dihuni.

Trans TV akan menayangkan Elysium malam ini lewat Bioskop Trans TV.

Dibintangi Matt Damon, Elysium membawa bumi di masa depan tahun 2154. Film ini menampilkan keadaan planet biru ini yang sudah diliputi polusi yang berlebihan.

Bumi bukan lagi tempat yang nyaman untuk ditinggali umat manusia. Perusahaan Armadyne Corporation membuat Elysium.

Baca juga: Matt Damon Rela Gundul Demi Elysium


Ia adalah tempat 'pelarian' mereka dari kondisi bumi yang kian renta. Elysium dibuat dengan teknologi canggih dan fasilitas mewah yang berada di orbit bumi dalam sebuah stasiun luar angkasa.

Namun tak semua orang dapat mencapai Elysium. Tempat ini hanya dikhususkan untuk kaum bangsawan dan penguasa yang dapat tinggal di sana. Sementara mereka yang miskin dan sakit-sakitan tetap tinggal di bumi.

Lewat pejabat pemerintah, Secretary Rhodes, undang-undang antiimigrasi dari bumi berusaha ditegakkan. Mereka tak ingin kehidupan nyaman di Elysium terganggu.

ElysiumMatt Damon dalam Elysium Foto: (dok. imdb.)



Elysium memiliki sebuah alat berteknologi tinggi bernama Med-Bay yang mampu menyembuhkan segala jenis penyakit dan mencegah penuaan. Keberadaan alat tersebut pun diketahui oleh penduduk bumi.

Perselisihan terjadi di antara penghuni Elysium dan penduduk bumi. Max (Matt Damon) seorang mantan narapidana yang terkena radiasi di tempatnya bekerja bergabung dengan seorang pemberontak bernama Spider. Keduanya bekerja sama untuk pergi ke Elysium dan mengubah sistem alat Med-Bay agar dapat dirasakan oleh banyak penduduk bumi lainnya.


Baca juga: Elysium: Sekali Lagi tentang Masa Depan Suram Bumi

Elysium disutradarai Neil Blompkamp. Film ini dirilis di layar lebar tahun 2013.

Latar film ini mengambil tentang kondisi bumi yang sudah porak poranda. Selain tentang menggambarkan bayangan bumi di masa depan, Elysium menyuarakan tentang tema-tema politik dan sosiologis seperti imigrasi, manusia bumi yang semakin banyak termasuk masalah buruh serta hukum dan eksploitasi pekerja.

Film ini mendapat skor 6.6/10 di situs Rotten Tomatoes. Malam ini Elysium dapat disaksikan di Bioskop Trans TV mulai pukul 21.30 WIB.

[Gambas:Youtube]






Simak Video "25 Tahun Berkarya, Riri Reza Akui Filmnya Juga Pernah Gagal"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)