Mengenang Kepergian Prabawati Sukarta, 17 Tahun Isi Suara Shizuka

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 19 Jun 2020 14:53 WIB
Prabawati Sukarta
Mendiang Prabawati Sukarta / Foto: (dok.IG/indonesian voice talent)
Jakarta -

Pekan ini duka menerpa kartun favorit Doraemon. Prabawati Sukarta yang dikenal menjadi pengisi suara Shizuka tutup usia.

Prabawati Sukarta meninggal dunia karena penyakit ginjal yang ia idap sejak tahun 2013. Ketimbang suaranya, sosok Prabawati Sukarta sendiri memang tak banyak yang mengetahui.

Mereka yang besar di era 1990-an hingga 2000-an tentu lekat dengan suara khas Shizuka dari mendiang Prabawati. Masih tayang hingga saat ini, karakter Shizuka sendiri telah mengalami empat kali pergantian.

DoraemonDoraemon Foto: dok. TV Asahi



"Sampai kapan isi suara Shizuka, ibu pensiun sejak 2006," ungkap Wike, kerabat mendiang sang dubber saat dihubungi detikcom.

Prabawati Sukarta didapuk membawakan karakter Shizuka di kartun ciptaan Fujiko F Fujio itu sejak tahun 1989. Rekan seangkatannya salah satunya adalah Ely Kusuma yang didapuk mengisi suara ibu Nobita.

"Saya sama beliau satu generasilah, kami di generasi pertama Doraemon di tv," urai Ely kepada detikcom.



Semasa hidupnya, Prabawati Sukarta tak hanya dikenal sebagai dubber. Usai pensiun mengisi suara Shizuka, dubber kelahiran tahun 1956 ini aktif siaran di radio.

Dirinya sempat menjadi salah satu penyiar di Radio Republik Indonesia (RRI). Pensiun di tahun 2013, Prabawati Sukarta kemudian mengidap penyakit ginjal yang di akhir usianya membuat mendiang harus rutin cuci darah.

DoraemonDoraemon Foto: (dok.imdb)



Kepergian Prabawati Sukarta tak hanya meninggalkan duka bagi keluarga dan kerabat. Kabar ini juga menjadi duka bagi penggemar kartun Doraemon yang menjadi favorit lintas generasi.



Simak Video "Prabawati Sukarta, Dubber Pertama 'Shizuka Doraemon' Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dar)