Kisah Pelayan Batman, Pennyworth Tak Berhubungan Langsung dengan DC Universe

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 18 Jun 2020 19:50 WIB
Pennyworth Season 1 Episode 102: The Landlords Daughter
Foto: Alex Bailey/Epix/WarnerTV
Jakarta -

Pesona Batman di dalam DC Universe dan DC Extended Universe memang sangat kuat. Terlebih fans Batman dari generasi ke generasi selalu bertambah.

Selama ini ada banyak versi film Batman yang dihadirkan oleh deretan sutradara. Film pertama Batman yang tayang di bioskop dirilis tahun 1966 yang disutradarai Lambert Hillyer. Yang populer lainnya adalah arahan Tim Burton, Christopher Nolan, dan Zack Snyder. Yang terbaru pun akan segera datang dengan Robert Pattinson sebagai Bruce Wayne dengan Matt Reeves di bangku sutradara.

Lalu kini ada Pennyworth, serial televisi 10 episode yang diproduksi DC Entertainment, Primrose Hill Productions dan Warner Horizon Television. Datang dari studio yang sama, Pennyworth mengisahkan kehidupan Alfred Pennyworth yang selama ini dikenal pecinta komik DC sebagai pelayan keluarga Wayne.

Meski ada di universe yang sama, namun serial Pennyworth tidak secara langsung berhubungan dengan kisah-kisah Batman yang ditampilkan di serial dan film tertentu yang sudah dibuat sebelumnya. Showrunner Bruno Heller dan Danny Cannon menciptakan dunia Pennyworth yang berlatar Inggris tahun 1960-an ini sebagai cerita standalone. Jack Bannon, pemeran Alfred Pennyworth dalam serial ini pun membenarkan hal tersebut.

"Kurasa, sejak awal kami didorong untuk menganggap ini sebagai proyek standalone," kata Jack dalam wawancara via telepon video dengan detikcom belum lama ini. Lebih lanjut lagi, Jack menyebut bahwa serial ini mengeksplor lebih banyak soal dunia dan kehidupan Alfred sebelum akhirnya bekerja pada keluarga Wayne.

"Di sepanjang season ini kita dikisahkan soal Alfred Pennyworth dan di akhir baru kita tahu siapa dia sebenarnya," lanjutnya.

Pennyworth Season 1 Episode 102: The Landlord's DaughterPennyworth Season 1 Episode 102: The Landlord's Daughter Foto: Alex Bailey/Epix/WarnerTV


Berbekal pijakan soal standalone alih-alih prekuel resmi, Jack merasa proyek Pennyworth terlindungi dan pandangan dan ekspektasi para penggemar terhadap kisah dunia Batman yang sudah ada. Meski tentu saja ada banyak elemen dalam cerita atau pun kemunculan karakter tertentu yang akan bersinggungan dengan universe Batman yang sudah terbentuk sejak lama.

"Dalam perjalanan setiap episode, ada beberapa easter eggs dan hal-hal yang akan mengingatkan penonton siapa orang ini dan akan jadi siapa dia nantinya (dalam dunia Batman). Tapi kami inti dari tugas kami adalah untuk menampilkan kisah ini dalam dramanya sendiri dan hanya sebatas itu," tutupnya.

Pecinta universe Batman bisa menyaksikan Pennyworth mulai 29 Juni 2020 di Warner TV yang dapat diakses via TV kabel termasuk TransVision di Channel 314.

(ron/nu2)