detikHot

tv-news

Angkat Isu Kasta hingga Muslim dan Hindu, 'Paatal Lok' Picu Kontroversi

Jumat, 29 Mei 2020 09:18 WIB Devy Octafiani - detikHot
Paatal Lok Foto: Paatal Lok (dok. imdb.)
Jakarta -

Serial 'Paatal Lok' menjadi sorotan di India. Serial ini dianggap memicu kontroversi karena sejumlah adegan dan kisahnya yang menyentuh isu sosial di negara tersebut.

Perdana tayang pada 15 Mei di Amazon Prime, 'Paatal Lok' mengikuti perjalanan seorang polisi Delhi yang memimpin penyelidikan atas dugaan upaya pembunuhan terhadap seorang jurnalis primetime. Serial ini menjadi cermin bagi birokrasi, politik kasta, kekerasan dan media di India saat kasus ini terungkap.

Sejumlah tudingan dilontarkan pada serial tersebut. Yang ramai diteriakkan adalah serial ini dianggap anti-India.



Komunitas Sikh di India menuding serial ini menyebarkan fitnah. Sebuah adegan di mana seorang pria Sikh ditampilkan memperkosa seorang wanita dan disaksikan oleh beberapa pria lain menjadi alasannya.

"Sikh adalah juru selamat kaum wanita. Seluruh dunia mengenal identitas Sikh sebagai simbol kemanusiaan tapi @AnushkaSharma dan @PrimeVideoIN semestinya malu mempertontonkan Sikh sebagai komunitas pemerkosa," kicau Manjinder Singh Sirsa, mantan pimpinan komunitas Sikh Delhi.

Paatal LokPaatal Lok Foto: Paatal Lok (dok. imdb.)



Serial ini juga mendapat kecaman Partai Rakyat India atau Bharatiya Janata Party yang saat ini memegang kekuasaan di negara tersebut.

Anggota Dewan Legislatif partai tersebut menuding serial ini menggunakan fotonya tanpa izin di sebuah adegan. Pria bernama Nandkishor Gurjar itu menuding 'Paatal Lok' memperlihatkan agama Hindu dalam perspektif negatif. Dia juga menyatakan kekecewaannya di mana serial ini menunjukkan adegan seorang anak laki-laki Muslim dihukum mati karena memakan daging sapi.

Baca juga: Duka Bollywood Kehilangan 2 Talenta Terbaiknya

Tagar #BoycottPaatalLok dan #CensorWebSeries menjadi tren di India. Banyak pihak mengecam serial ini dengan sebutan 'Hinduphobia'.

Belakangan sang aktris Anushka Sharma diminta bercerai dari sang suami, Virat Kohli. Virat Kohli yang merupakan atlet Cricket kebanggaan India dianggap tak layak lagi menikah dengan Sharma yang menjadi pemeran dalam serial 'Paatal Lok'.




Simak Video "Para Pemain 'Kingdom' Sapa Fans Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/imk)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com