Wawancara Eksklusif

Domhnall Gleeson tentang RUN, Harry Potter, dan Sekuel Peter Rabbit

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 13 Apr 2020 08:56 WIB
2.

Domhnall Gleeson tentang RUN, Harry Potter, dan Sekuel Peter Rabbit

Domhnall Gleeson tentang RUN, Harry Potter, dan Sekuel Peter Rabbit
Foto: Domhnall Gleeson di serial 'RUN' (dok.HBO)

Apakah pandemi corona ini mempengaruhi proyek yang sedang kamu lakukan?


Domhnall Gleeson: Ada satu proyek besar yang sudah kurampungkan dan sedang menunggu perilisan yaitu sekuel Peter Rabbit. Kurasa perilisannya diundur sampai tahun depan. Tapi menurutku hal ini tidak terlalu penting karena orang-orang masih bisa menyaksikannya tahun depan dan itu tidak apa-apa.

Aku juga terlibat dalam produksi acara televisi lain, kami hanya tinggal menyelesaikan beberapa hari terakhir syuting ketika pandemi ini terjadi dan akan jadi sesuatu yang tidak bertanggung jawab kalau melanjutkan proses syutingnya. Jadi kami menundanya. Ini adalah proyek yang aku garap bersama saudara dan temanku, dan ada beberapa orang lain yang terlibat yang membuatku semangat mengerjakan proyek ini, tapi harus terhenti. Tapi sekali lagi, kami akan punya waktu untuk menyelesaikannya. Aku merasa beruntung saat ini karena ada banyak orang yang melewati masa-masa berat selama pandemi.

Aku juga seharusnya tampil di panggung teater di musim panas ini tapi aku tidak tahu apakah jadwalnya akan terus berlanjut. Ini adalah sebuah panggung teater yang dikerjakan oleh penulis naskah teater terhebat di dunia, menurutku.

Aku benar-benar ingin bekerja lagi dan bertemu keluarga serta teman-temanku, aku yakin semua orang berpikir hal yang sama, aku mengerti. Pandemi ini adalah hal yang paling aneh yang terjadi dalam hidupku, ada orang-orang yang aku kenal meninggal karena pandemi, tapi aku berusaha untuk mengerti dan yakin ada banyak orang yang merasakan hal yang sama. Tapi dibandingkan dengan orang-orang yang harus pergi bekerja di tengah situasi seperti ini, kondisiku lebih beruntung.



Sebelum pandemi ini apakah kamu pernah bertemu cast Harry Potter lagi?


Domhnall Gleeson: Tidak, aku belum pernah bertemu cast Harry Potter lagi setelah sekian lama. Para cast Harry Potter adalah orang-orang yang dekat denganku, aku menunggu saat bisa bertemu dengan mereka lagi. Banyak dari mereka mengerjakan proyek-proyek yang sangat bagus dan itu membuatku senang. Setelah bertahun-tahun aku belum pernah bertemu mereka lagi. Aku menyayangi orang-orang itu, mereka yang terbaik.

Di sebuah interview kamu pernah bilang lebih suka main di proyek komedi. Boleh dijelaskan kenapa?


Domhnall Gleeson: Aku memang suka komedi, aku juga suka semua genre yang kumainkan. Kurasa hal yang menyenangkan dari berakting adalah bisa melakukan hal-hal yang berbeda. Tapi kalau aku harus melakukan hanya komedi kurasa aku tidak akan bahagia, kalau aku hanya melakukan film-film serius juga aku tidak akan senang.

Tapi aku menikmati film-film yang memberiku kesempatan untuk bisa jadi orang lain dan film-film yang bisa membuatku merasakan cinta. Dua hal itu adalah yang paling kusukai.

Aku pernah main di film 'Anna Karenina' dan 'About Time' dan kurasa dua film itu yang paling aku sukai karena aku bisa merasakan kebahagiaan tentang cinta, memikirkan perasaan cinta, dan sepenting apa cinta. Mengerjakan dua film itu membuatku tersenyum lebar karena itu yang coba aku lakukan di masa-masa itu. Soal proyek komedi dan film tentang cinta, dua hal ini membuatku senang dalam cara yang berbeda.



Main di proyek komedi membuatku senang karena aku bisa membuat orang-orang tertawa terutama di masa-masa sekarang ini. Kurasa hal itu adalah sesuatu yang istimewa untuk dilakukan. Kita akan merasa puas ketika orang lain tertawa dengan lelucon yang kita berikan, kan? Sama seperti mengerjakan film. Terutama saat mengerjakan Peter Rabbit, aku bisa membuat anak-anak tertawa dan itu adalah hal paling menyenangkan di dunia.



(aay/doc)