detikHot

tv-news

Asal-usul Sepakbola dan Pemain Profesional Pertama di 'The English Game'

Minggu, 22 Mar 2020 18:50 WIB Nugraha - detikHot
The English Game Foto: The English Game. ist
Jakarta -

Serial 'The English Game', sebuah cerita tentang sejarah sepakbola profesional baru saja dirilis di Netflix. Ironisnya, serial itu dirilis di tengah sepakbola 'terhenti'.

Hampir semua pertandingan sepakbola di dunia 'terhalang' oleh pandemi Corona. Di Eropa misalnya, berbagai liga terpaksa dihentikan.

'The English Game' dirilis di tengah-tengah kabar itu. Sebuah drama sejarah yang menyorot tentang masa lalu sepakbola. Khususnya mendokumentasikan dua bintang asal-usul olahraga itu. Arthur Kinnaird yang dibintangi oleh Edward Holcroft dan pemain Skotlandia Fergus Suter yang diperankan oleh Kevin Guthrie.

Di season pertamanya, 'The English Game' berisi enam episode. Kami peringatkan dulu, tulisan ini berisi spoiler.

Di sebuah wilayah buruh bernama Darwen, ada satu klub sepakbola yang begitu dicintai. Publik di sana berjuang keras untuk bisa tetap hidup di tengah upah kerja yang memprihatinkan.

Asal-usul Sepakbola dan Pemain Profesional Pertama di 'The English Game'Foto: The English Game. ist

Pemilik pabrik Darwen memang tahu benar kondisi perekonomian di sana yang terhimpit. Satu-satunya yang membuat publik bahagia adalah kemenangan di pertandingan sepakbola.

Ia lantas mengontrak dua orang pria dari Skotlandia bernama Fergus Suter dan Jimmy Love. Dua pria yang awalnya dibenci publik Darwen karena mereka bermain sepakbola hanya untuk mendapatkan uang saja. Kedatangan Suter ternyata berdampak baik untuk permainan mereka di lapangan. Sepakbola mereka pun kini tak cuma mencetak gol saja, tapi juga muncul sebuah strategi bertahan, permainan sayap dan mengumpan bola.

Serial ini memang ditambahkan berbagai cerita untuk memperkuat drama. Seperti Suter yang memang disebut sebagai pesepakbola profesional pertama yang diakui karena mendapatkan upah dalam partisipasinya.

Suter bermain untuk Partick di Skotlandia, sebelum pindah ke Inggris bermain untuk Darwen dan kemudian Blackburn Rovers. Ia juga membawa Blackburn meraih juara Piala FA, pertama kalinya untuk klub buruh setelah mengalahkan Old Etonians.

Asal-usul Sepakbola dan Pemain Profesional Pertama di 'The English Game'Foto: The English Game. ist

Di sisi lain ada sosok Arthur Kinnaird, bangsawan yang jadi kapten tim Old Etonians. Ia juga menjabat sebagai kepala Asosiasi Sepakbola (FA). Kinnaird terkenal karena tekel yang tangguh. Dalam jurnal olahraga majalah Pastime edisi Oktober 1892, anggota komite FA Nicholas Lane 'Pa Jackson, mencatat satu pertandingan bahwa, energi Lord Kinnaird begitu besar.

Namun dalam 'The English Game', tak cuma soal sepakbola saja yang diceritakan. Ada drama interpersonal, termasuk kecintaan Arthur terhadap sepakbola menyebabkan ketegangan dengan istrinya, Alma yang dibintangi Charlotte Hope dan ayahnya.

Seperti halnya Kinnaird, banyak juga drama keluarga Suter yang diceritakan, termasuk hubungan dengan ayah yang seorang alkoholik kejam. Ada juga kisah romansanya dengan Martha Almond yang diperankan Niamh Walsh.

"Dia orang yang nyata, tapi dia ada dalam catatan sejarah hanya sebagai nama," kata Niamh Walsh.

Didokumentasikan bahwa Fergus Suter menikahi Martha, tetapi kurangnya informasi seputar kehidupannya berarti, sekali lagi, banyak yang harus diciptakan untuk serial ini. Termasuk ada sedikit bukti yang menunjukkan bahwa, sebelum pernikahan itu, Suter terjebak dalam cinta segitiga dengan manajer Blackburn Rovers, yang jadi ayah dari anak Martha.

'The English Game' digarap oleh Julian Fellowes, sutradara yang juga bikin 'Downton Abbey'. Kisah dalam serial tersebut berkutat pada asal-usul sepakbola pada 1879 di Inggris hingga pertarungan Blackburn Rovers vs Old Etonians di Piala FA.




Simak Video "Ironi Netflix di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/wes)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com