DetikHot

tv-news

'The Haunting of Hill House', Teror Mencekam dari Rumah Tua Hill

Minggu, 21 Okt 2018 14:50 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
The Haunting of Hill House, Teror Mencekam dari Rumah Tua Hill Foto: imdb.
Jakarta -

Netflix menyajikan serial televisi horor yang tak biasa demi menyambut Halloween bulan ini. Serial 'The Haunting of Hill House' yang diadaptasi dari novel anyar Shirley Jackson siap membuat penonton berdebar dengan sequence dan kejutan yang tak henti.

Ide rumah berhantu memang biasanya mengikuti rumus yang sudah usang. Seseorang atau keluarga pindah ke rumah, terjadi hal-hal buruk, latar belakang rumah sampai kekuatan jahat yang menghantui.

'The Haunting Hill House' bergerak ke arah yang sedikit berbeda. Disutradarai oleh Mike Flanagan, 'The Hauntinng of Hill House' terbagi menjadi 10 episode dan dituturkan menurut perspektif setiap pemain yang ada.

Seri televisi 10 episode ini menarik cerita dan setia pada khas-nya horor klasik ala Shirley Jackson. Dia memang dikenal sebagai penulis AS yang menulis buku horor dan misteri, bahkan Stephen King pun mengagumi karya-karyanya serta memuji adaptasi Flanagan kali ini.

Sutradara film 'Gerald's Game' itu tak ingin cerita seseorang yang menyelidiki rumah berhantu seperti dalam versi aslinya. Namun ia menambahkan bumbu drama keluarga Crain yang tinggal sepanjang musim panas di rumah Hill yang seperti kastil dan berada di wilayah perbukitan.

'The Haunting of Hill House', Teror Mencekam dari Rumah Tua HillFoto: imdb.


Olivia (Clara Gugino) adalah seorang arsitek yang mempunyai bakat supranatural. Ia merenovasi sebuah rumah tua yang dibelinya bersama suami Hugh (Henry Thomas). Bersama kelima anak-anaknya, keduanya tinggal di rumah tua yang konon pernah ditinggali oleh keluarga Hill.

Latar musim panas yang mengakibatkan tragedi dan membawa duka yang mendalam bagi kelima anak Crain itu tak pernah bisa dilupakan. Bahkan 20 tahun setelah mereka angkat kaki dari rumah tua Hill, teror masih mencekam.

Steven, anak pertama kini menjadi penulis novel horor terlaris yang terinspirasi dari rumah Hill. Shirley yang tak pernah percaya hantu, ia menggunakan profesinya untuk mendirikan rumah duka Harris bersama suaminya. Theodora yang tomboi menjadi seorang psikolog sekaligus terapis untuk membantu anak-anak.

'The Haunting of Hill House', Teror Mencekam dari Rumah Tua HillFoto: imdb.


Si kembar Luke dan Nell yang saling terhubung menjadi anak yang paling trauma atas kejadian masa kecilnya. Luke menghabiskan hidupnya dengan mabuk-mabukkan dan candu akan narkotika. Sedangkan Nell lebih tragis lagi, ia kerap mengalami lumpuh saat tidur dan melihat 'Hantu Berleher Bengkok'.

Tragedi dalam keluarganya kembali berulang. Seperti kata Hugh, "Keluarga kita seperti makanan bagi rumah itu. Kalau kita belum habis, mereka akan terus memakan sampai habis," ujar Hugh kepada Steven.

Tak bisa terus menghindar, keluarga Crain harus menghadapi segala teror yang berasal dari rumah tua Crain. Mau tak mau mereka menghadapi apa yang terjadi di dalam 'kamar merah' 20 tahun silam serta kekuatan supernatural di baliknya.

Rotten Tomatoes memberikan nilai 8,45 atau 90 persen dari season pertama 'The Haunting of Hill House'. Dalam sebuah wawancara, Stephen King memberikan pujian atas adaptasi Flanagan.

"Ceritanya mampu membangun klimaks yang baik secara katarsis dan benar-benar mengejutkan," tulisnya. 'The Haunting of Hill House' menguji kemampuan penonton selama 10 jam mengubah ketakutan, frustasi, dan ketegangan menjadi klimaks emosional yang mengejutkan.


(tia/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed