DetikHot

tv-news

Yuk, Lihat dari Dekat Produksi 'Adit Sopo Jarwo'!

Senin, 20 Mar 2017 15:13 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Yuk, Lihat dari Dekat Produksi Adit Sopo Jarwo! Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta - Dalam proses produksi 'Adit Sopo Jarwo', tim MD Animasi memiliki urutan produksi yang disebut sebagai production pipeline. Seperti apa? Yuk, lihat dari dekat!

"Jadi gini, kami ada production pipeline-nya. Kami susun dan akhirnya dapet. Belajar dari situ, akhirnya kami bisa sangat efisien," jelas Operational Director MD Animasi Room, Arnas kepada detikHOT di MD Place, Jakarta.

Production pipeline itu memiliki alur proses yang cukup panjang. Dimulai dari riset dan pencarian ide. Setelah ide ditemukan, barulah masuk ke proses membuat sinopsis.

Yuk, Lihat dari Dekat Produksi 'Adit Sopo Jarwo'!Foto: Hanif Hawari/detikHOT


Sinopsis tersebut kemudian diolah menjadi naskah dan story board. Setelah itu, mulailah proses stilomatic, layout, animating, dan composing.

Selesai semua proses tersebut, masuklah pada proses penyuntingan. Proses ini pun terbagi dua tahap, online dan offline.


"Setelah editing kemudian kami (melakukan) color grading. Selesai semua itu kami lakukan audio mixing," jelas Head of Creative MD Animasi, Fredy. "Sebelum itu kami sudah mixing tapi masih rough mix ya. Kemudian kami baru final mix semuanya," tambahnya.

Diakui Arnas, awalnya tim MD Animasi hanya mampu menghasilkan 1 episode dalam 1 bulan. Akan tetapi, berkat adanya production pipeline dan tim yang terus bertumbuh, kini mereka dapat menghasilkan 4 episode dalam sebulan.

Yuk, Lihat dari Dekat Produksi 'Adit Sopo Jarwo'!Foto: Hanif Hawari/detikHOT


CEO MD Entertaiment, Manoj Punjabi pun menargetkan, ke depannya mereka akan lebih produktif lagi. "Sekarang 4 dan kami bakal 5 (episode per bulan) segera. Bakal naik dan kami bakal outsource. Jadi banyak orang yang akan dapat lapangan pekerjaan," tutur Manoj optimis.

Sedangkan, untuk software yang digunakan dalam pembuatan 'Adit Sopo Jarwo' adalah blender. Blender merupakan software tidak berbayar yang familiar untuk digunakan oleh lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

"Dan memang kebetulan tujuan kami kan memajukan lulusan SMK juga. Kebetulan software itu banyak dipakai di SMK-SMK," ungkap Arnas.

Yuk, Lihat dari Dekat Produksi 'Adit Sopo Jarwo'!Foto: Hanif Hawari/detikHOT


Tak hanya aplikasi software yang digunakan, Arnas juga memperlihatkan mesin render yang mereka gunakan. Mesin yang berjumlah puluhan tersebut tertata pada sebuah rak dalam sebuah ruangan.

"Ini mesin render kami. Mungkin ngelihatnya, yang kami punya agak heboh ya banyaknya. Sebenernya mesin ini sangat menentukan berapa episode yang bakal kami hasilin," ucapnya.

Serial kartun 'Adit Sopo Jarwo' akan mulai tayang di Trans TV mulai hari ini, Senin (20/3/2017) pukul 5 sore WIB.


(srs/mmu)
Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed