Spotlight

Petualangan Menuju Sesuatu, Ajak Lebih Peduli dengan Isu Kesehatan Mental

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 29 Mar 2022 15:05 WIB
Petualangan Menuju Sesuatu
Foto: Petualangan Menuju Sesuatu/ Istimewa
Jakarta -

Isu kesehatan mental menjadi momok tersendiri, yang terkadang tak banyak hal yang mau mengungkapkannya ke publik. Tapi ketika pandemi COVID-19 turut melanda Indonesia dan tak berkesudahan, isu ini mulai digaungkan.

Sedikit demi sedikit, sebagian besar masyarakat mulai peduli dan memahami permasalahan kesehatan mental. Di linimasa Twitter sampai platform Instagram, bermunculan konten mengenai seluk beluk di balik kesehatan mental.

Adalah Petualangan Menuju Sesuatu yang berdiri sejak 2018 mulai menerbitkan Komik Kesehatan Mental di Instagram. Konten web komik melalui Jelly Jingga ini menjadikan permasalahan kesehatan mental dekat di hati pembacanya.

Di Instagram, sudah ada 71,9 ribu followers dan lebih dari 1.300 postingan yang mengajak peduli akan isu tersebut.

Petualangan Menuju Sesuatu digagas oleh empat orang kreator. Mereka adalah Livia Angelica, Samantha Teonata, Michelle Jasmine (MJ), dan juga Christoper Kevin (Kikis).

Livia biasanya bertanggung jawab dalam pembuatan draf dan jalur cerita, Sam yang menggambar outline komik, lalu diwarnai oleh MJ. Sedangkan Kikis, biasanya ia yang mengatur hal-hal yang berhubungan dengan IT.

"Sebenarnya Petualangan Menuju Sesuatu bermula dari tugas kuliah, dimana kami ditugaskan untuk mencari solusi untuk sebuah masalah," kata mereka ketika diwawancarai detikcom.

Anggota kelompoknya kata mereka, semuanya memiliki fokus yang sama tentang kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya kesehatan mental.

"Kami juga percaya bahwa storytelling adalah sebuah alat yang bisa menyampaikan sebuah pesan. Karena itu, kami memutuskan untuk membuat komik tentang kesehatan mental," katanya.

Petualangan Menuju Sesuatu bukan sekadar nama biasa yang sengaja dipilih. Keempat sahabat itu menegaskan ada makna mendalam di balik nama tersebut.

(Baca halaman berikutnya)



Simak Video "Nikita Mirzani Mangkir, Upaya Mediasi dengan Dito Mahendra Gagal"
[Gambas:Video 20detik]