Spotlight

Cerita Erisca Febriani: Ditolak Penerbit, Ditipu, hingga Dikatai Naskah Jelek

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 11 Jan 2022 15:00 WIB
Erisca Febriani
Erisca Febriani dikenal sebagai novelis Dear Nathan. Foto: Pribadi/ Istimewa
Jakarta -

Erisca Febriani punya sejumlah cerita di balik kesuksesan trilogi novel dan film Dear Nathan. Berkali-kali jatuh bangun mengejar mimpi menjadi seorang penulis, perempuan asal Lampung ini tak patah arang memperjuangkannya.

Sejak duduk di bangku SMA, Erisca Febriani memang menyukai aktivitas menulis. Dia gemar membuat berbagai cerita pendek sampai novel dan menuliskannya di laptop. Pada 2015, Erisca menuangkan hobinya itu ke dalam kolom catatan di Facebook.

Tak berapa lama kemudian, ada pembacanya yang menyarankan untuk mengunggah ceritanya ke platform Wattpad. Gayung bersambut dan rezeki melimpah ruah setelah diapresiasi di Wattpad.

Cerita Dear Nathan dibaca sampai belasan juta kali, banyak pembaca yang suka dengan karakter Nathan anak SMA yang nakal dan pemberontak. Serta Salma si anak tunggal yang punya mimpi lainnya.

Saat itu, terbersit ingin menerbitkan novelnya ke dalam bentuk buku. Erisca pun berniat merilisnya sendiri melalui self publishing namun kenyataan berkata lain.

[Gambas:Instagram]



"Aku nggak tahu self publishing-nya bener atau tidak, aku langsung email dan transfer. Itu duit tabunganku, sampai 6 bulan nggak ada kabar sama sekali. Sampai aku sadar kayaknya aku ditipu deh," ungkap Erisca Febriani kepada detikcom.

Kenyataan pahit itu tak membuat dia hilang arah. Erisca Febriani pun bertanya kembali kepada pembacanya, apakah ingin membaca Dear Nathan ke medium buku.

Dia pun mencoba mengirimkan ke berbagai penerbit yang ada di Indonesia. Ada satu penerbit yang menawarkan ingin mencetaknya namun editornya memberikan kritikan tajam.

"Katanya, naskah aku jelek banget. Nggak bisa untuk terbit, naskah aku ditolak. Trus, ada penerbit baru lainnya yang hubungi via Twitter dan ingin meminang novelnya. Akhirnya penerbit itu yang menerbitkan bukuku sampai sekarang," ungkap perempuan yang mengidolakan Justin Bieber tersebut.

Novel perdana Dear Nathan resmi terbit pada Maret 2016. Dua novel menyusul berikutnya karena ada penawaran dari rumah produksi RAPI Films yang mengadaptasinya.

Saat itu, Erisca tidak langsung mengiyakannya. Ia sempat berpikir lama untuk menulis sekuel sampai novel ketiga.

"Sebenarnya nggak kepikiran jadi trilogi. Aku tuh dulu ketika Dear Nathan rilis, pembaca dan produser buat maksa Dear Nathan 2, aku sempat nolak. Proses nego sampai 1 tahun, aku pikirnya apa bisa ya sekuel. Aku takut kalau nanti sampai sekuel malah merusak nih cerita sebelumnya," katanya.

Lalu apa yang menjadi pertimbangan Erisca sampai menerbitkan dua novel Dear Nathan?

Simak artikel berikutnya ya.



Simak Video "Cerita Ardhito Pramono Main Film 'Dear Nathan' Diajak Jefri Nichol"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/aay)