Spotlight

Legenda Monster Laut dalam Cerita Luca Animasi Pixar

Devy Octaviany - detikHot
Minggu, 16 Mei 2021 12:21 WIB
LUCA animasi Pixar
Foto: (dok. Pixar)
Jakarta -

Disney dan Pixar bersiap menyuguhkan film animasi terbaru mereka berjudul Luca. Sebuah cerita petualangan seekor monster laut yang punya rasa ingin tahu tentang kehidupan di daratan bersama manusia.

Luca bukan hanya sebuah imajinasi. Film ini didasarkan dari mitos dan legenda monster laut di Italia berabad-abad silam.

Ada sekelumit legenda tentang keberadaan naga laut yang santer disebut-sebut makhluk yang dapat membantu manusia atau sebaliknya.

"Saya menganggap karakter monster laut dalam legenda yang saya ketahui adalah hal yang menarik. Misteri tentang laut terwakili oleh cerita-cerita tentang mereka," tutur Enrico Casarosa sang sutradara.

Ada banyak data dan gambar sejarah tentang monster laut yang kemudian menjadi inspirasi hadirnya karakter-karakter dalam film Luca. Film ini menampilkan perpaduan tentang itu semua namun dari sisi yang lebih bersahabat.

LUCA animasi PixarLUCA animasi Pixar Foto: (dok. Pixar)

"Film ini berakar pada tahun 1950-an dan 1960-an. Momen itu saya sebut sebagai zaman keemasan," imbuh Casarosa.

Diungkapkan penanggung jawab karakter animasi ini, Beth Albright, ada bermacam-macam karakter monster laut yang dirancang untuk film ini. Mengambil dari kisah sejarah dan legenda di mana monster-monster laut diceritakan menjadi musuh manusia,

"Maka ada karakter di mana ia hanya memiliki satu tangan. Aku rasa, Enrico (sutradara) ingin film ini mewakili banyak orang. Selain itu, ada kisah bagaimana keberadaan monster laut juga merupakan musuh para nelayan dan pernah terjadi perang di antara kaum mereka dan manusia," ungkap Beth.

Untuk pembuatan film ini, para filmmaker melakukan riset langsung ke Italia. Mereka berusaha dapat mengambil lanskap dan gambaran penduduk di kawasan Italia di Italia Riviera.

Butuh satu tahun untuk mematangkan konsep karakter hingga cerita animasi Luca.



Simak Video "Sekuel untuk Film "Call Me By Your Name" Terjegal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dal)