Spotlight

Komik Om Bebih Ajak Pembaca Imajinasi Liar

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 02 Feb 2021 13:44 WIB
Komik Instagram @Om.Bebih
Komik Instagram Om.Bebih Foto: @Om.Bebih/ Istimewa
Jakarta -

Tak banyak komik digital yang terbit di platform media sosial Instagram berani menampilkan konten visual yang 'terbuka' dan cerita yang apa adanya. Komik Om Bebih adalah salah satunya.

Pria asal Surabaya yang dikenal dengan nama Om Bebih mempublikasikan konten komik strip yang nyeleneh dan membuat mata para pria terbelak. Bagaimana tidak, komik strip yang diciptakan sejak 9 Januari 2016 itu disukai karena kontennya sekaligus pesan tersembunyi di baliknya.

Kepada detikcom, pria bernama asli Matsunami Go menceritakan di balik adanya komik strip @Om.bebih.

Komik strip yang menampilkan karakter pria bernama Kribo dan punya ciri khas orang Indonesia itu mengungkapkan berbagai pola tentang menjalin hubungan.

"Si Kribo ini dibikin karena kebanyakan orang-orang kalau bikin karakter komik tipikal manga, lurus, jabrik, keren-keren. Saya lebih suka menonjolkan karakter ke org Indonesia-nya. kebanyakan orang Indonesia itu kan rambutnya ikal dengan alis yang tebal juga, kulit gelap, jadi saya lebih suka menonjolkan itu," tutur Matsunami Go ketika dihubungi detikcom.

Komik Instagram @Om.BebihKomik Instagram @Om.Bebih Foto: @Om.Bebih/ Istimewa

Dalam komik @Om.Bebih, karakter Kribo dikisahkan punya warna-warni kehidupan romansa yang berbeda dari kebanyakan laki-laki lainnya.

"Gimana dia berjuang untuk mendapatkan pacar, lalu berakhir gimana dia itu kepengin masak orang Indonesia nggak bisa kenalan sama bule, akhirnya dia nikah dengan istrinya yang bule ini," terangnya.

Dari komik strip perjalanan romansa Kribo, ada bentrokan antara budaya Indonesia dan Barat.

"Kalau di Indonesia kan membicarakan soal hubungan itu tabu ya, tapi di emreka kan rasanya kayak sehari-hari," ucap Matsunami Go.

Sebelum Kribo menikah dengan perempuan idamannya, Matsunami Go yang merupakan pria keturunan Jepang dan Indonesia itu juga menggambar lika-liku kehidupan percintaannya. Bahkan tak jarang di dalam komiknya, ada banyak pesan tersembunyi.

"Saya lebih suka cerita ke hal romantis ya. Cerita antar hubungan suami-istri, pacaran, dan menujukkan ini loh pendidikan seks yang sebenarnya. Aku juga mau kasih tahu bahayanya juga," tukasnya.

Bagaimana cerita perjalanan Matsunami Go atau komikus @Om.Bebih dalam menggambar berbagai konten komik strip tersebut?

Simak artikel berikutnya ya.

[Gambas:Instagram]








Simak Video "Momen-momen Kemesraan Julie Estelle dan David Tjiptobiantoro"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)