Spotlight

Bedanya Cerita Kuntilanak Merah Lasmi di Thread Twitter dan Novel

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 18 Agu 2020 14:36 WIB
Novel Lasmi Kisahkan soal Kuntilanak Merah
Apa bedanya cerita kuntilanak merah Lasmi di versi Thread dan novel? Foto: @falenzaman/ Istimewa
Jakarta -

Kisah kuntilanak merah bernama Lasmi yang viral di Twitter akhir Maret kini dibukukan oleh penerbit Mediakita. Falen Zaman dan Ara yang menggarap novel horor berjudul Lasmi tersebut.

Lasmi diceritakan hidup di masa penjajahan Belanda dan seorang sinden. Ia menikah dengan Asep pemain suling di kelompok keseniannya.

Setelah 10 tahun menikah, Lasmi akhirnya mengandung anak pertama namun peristiwa tragis merenggut nyawanya. Penulis novel Lasmi, Falen Zaman, menceritakan ada beberapa hal yang lebih detail dan berbeda dari versi Thread Twitter.

"Di novel ada narasi masa kecil Lasmi. Ada juga bagian ketika menikah," tutur Falen Zaman ketika berbincang dengan detikcom, belum lama ini.

Falen Zaman menuturkan suami Lasme yang berasal dari keluarga petani tomat dan pandai bermain suling melangsungkan pernikahan dengan Lasmi yang sederhana. Tapi di masa itu, di kampung tempat keduanya menikah acara resepsi terbilang meriah.

Dalam novel Lasmi juga terdapat bagian soal pelecehan seksual yang dilakukan tentara Belanda kepada Lasmi. Falen menuturkan bab tersebut mengungkap banyak fakta yang bakal ada di dalam buku.

"Saya berusaha menyampaikan lebih baik. Harapan kami, semoga dengan adanya novel Lasmi, pembaca di Thread Twitter atau platform lainnya, jadi bisa memetik pelajaran dari kisah hidup Lasmi," tuturnya.



Falen menegaskan novel Lasmi tidak akan seseramkan yang dibayangkan pembaca.

"Novel yang lebih lengkap dan rinci ini justru lebih emosional. Ada banyak sentimentil value," tambah Falen.

Bab per bab yang ditulis Falen dan Ara, lanjut dia, digarap sesuai dengan persetujuan Lasmi.

"Bagian yang nggak boleh diceritakan di Twitter, diceritakan di buku juga. Kalau mau dibocorin mah banyak," ujarnya sembari tertawa.

[Gambas:Instagram]



Kisah hidup kuntilanak merah bernama Lasmi bermula dari Thread Twitter yang viral akhir Maret lalu. Thread yang viral itu di-retweet lebih dari 60 ribu dan dikomentari 7.500 followers pengikut Twitter.

Setelah viral di Twitter, Falen Zaman dan Ara diundang ke YouTube Raditya Dika, Gritte Agatha sampai Jurnal Risa.

Novel Lasmi siap terbit dalam waktu dekat. Bagi kamu yang penasaran dengan informasi penerbitan bukunya bisa mengecek akun Instagram @kisahlasmi maupun penerbit @mediakita.



Simak Video "Sebelum Raffi Ahmad, Nagita dan Rafathar Sempat Terpapar Duluan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)