Retno Damayanti Tak Punya Teori Jadi Penata Busana Terbaik

Devy Octaviany - detikHot
Minggu, 12 Jul 2020 14:20 WIB
Retno Damayanti
Foto: Retno Damayanti (dok. ist)
Jakarta -

Retno Damayanti dikenal sebagai penata busana langganan film-film besar. Kebanyakan film-film periodik juga biografi yang selama ini ia tangani.

Empat film di antaranya, membawanya menerima penghargaan Piala Citra. Bicara soal karier sebagai penata busana di film, Retno mengatakan dirinya tak punya teori untuk bisa dicontoh bagi mereka yang juga tertarik menggeluti bidang sepertinya.

Selama ini dirinya menjalani pekerjaannya sebagai penata busana di film secara otodidak.

"Saya menyusun pengetahuan saya sendiri. Saya banyak membaca buku, saya nonton banyak sekali film sejak saya kecil. Jadi banyak sekali film yang saya tonton," ujar Retno.

Hal yang sama juga ia terapkan kepada para asisten-asistennya.

"Saya juga mewajibkan hal yang sama ke mereka. Banyak-banyak nonton film, dan jangan cuma film Indonesia, semua film ditontonin," kisah wanita 48 tahun ini.

Selain film, Retno Damayanti juga selalu menyempatkan berkunjung ke acara-acara pertunjukan. Hal ini dikatakannya membantu mengasah jiwa seni yang ia miliki.

"Ini melatih visual saya, melatih kepekaan visual saya. Nah itu, buat saya ilmu-ilmu yang harus dilakukan. Menyusun pengetahuannya seperti ini bila kita tak menerima ilmu dari institusi formal," urai Retno lagi.

Bicara soal film, Retno punya banyak film yang ia favoritkan. Namun ada satu film favorit yang ia kagumi dari sisi kostumnya. Film tersebut adalah Mad Max Fury Road besutan George Miller.

Mad Max pun diganjar piala Oscar di nominasi Kostum Terbaik di tahun 2016.

Bagi Retno Damayanti, sulit membuat kostum bagi para pemeran di film tersebut.

"Kostumnya bagus banget dan itu susah sekali untuk dilakukan. Itu benar-benar imajinasinya harus tinggi sekali dan secara teknis sulit. Saya pun belum pernah melakukan itu," tukasnya.



Simak Video "Seru! Acara Pixy Steal the Spotlight Medan Dipadati Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dal)