Pandemi Corona Bikin Pengalaman Reza Rahadian Jadi Sutradara Berbeda

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Minggu, 07 Jun 2020 13:03 WIB
Sementara, Selamanya
Foto: (dok. Sementara, Selamanya)
Jakarta -

Di tengah vakumnya industri film dan akting yang juga terkena imbas karena pandemi Corona, Reza Rahadian memutuskan melahirkan karya baru lewat sebuah miniseri. Di miniseri ini dirinya berakting sekaligus menjadi sutradara.

Sebetulnya, ini bukan pertama kalinya Reza Rahadian menyutradarai. Jauh di tahun 2013, dirinya juga pernah menjadi sutradara film berjudul 'Sebelah'.

Di luar genre dan judul antara film dan miniseri yang kini disutradarai, ada hal berbeda yang Reza rasakan terlibat menyutradarai sebuah cerita lagi.

"Menyesuaikan dengan kondisi seperti ini dan harus syuting itu luar biasa. Saya harus mikirin kesehatan tim dan kru syuting, termasuk kesehatan saya juga. Saya juga nggak boleh melibatkan kru yang banyak jadi itu memang sangat dijaga," ungkap Reza Rahadian.

Reza RahadianReza Rahadian Foto: Reza Rahadian (dok.IG LIve dengan detikcom)



Hal-hal itu menjadi hal teknis yang menjadi salah satu tantangannya saat terlibat dalam miniseri berjudul 'Sementara, Selamanya' ini yang ditulis Ika Natassa.

Di sisi lain, ia harus mampu menyeimbangkan perannya sebagai aktor di miniseri ini.

"Biasanya saya hanya tinggal datang ke set mempersiapkan emosi untuk bisa masuk ke adegan tersebut, sekarang harus keluar masuk setiap saat. Fokus ke adegan, cut balik lagi jadi sutradara. Mengecek semua adegan, sudah tepat atau belum, harus berani untuk seobjektif dalam menilai peran atau karya yang saya tawarkan jadi mungkin berkoordinasi dengan hal-hal itu sedikit rumit ternyata," urainya lagi.



Reza pun harus bisa beradaptasi bagaimana menjadi aktor dan sutradara sekaligus. Hal lucunya, ia merasakan keanehan tersendiri.

"Yang terasa aneh, saya harus meng-cut sendiri adegan saya. Jadi pas lagi beradegan dan mesti di-cut, itu saya merasa kok saya sendiri yang mesti ngecut itu aneh banget," tukas Reza seraya tertawa.



Simak Video "Syuting Miniseri saat Pandemi, Reza Rahadian Pangkas Jumlah Kru"
[Gambas:Video 20detik]
(aay/tia)