detikHot

Spotlight

Sentil Isu Sosial dan Ekonomi, 'The Platform' Bukan Film Politik

Minggu, 29 Mar 2020 17:08 WIB Devy Octaviany - detikHot
The Platform Foto: The Platform
Jakarta -

'The Platform' menjadi salah satu rilisan teranyar di Netflix. Film besutan sutradara Spanyol, Galder Gaztelu-Urrutia, secara satir menggambarkan perbedaan kelas sosial.

Namun tujuan film ini dibuat bukan sampai pada politik. Galder Gaztelu-Urrutia mengatakan 'The Platform' ditujukan bagi siapapun individu yang menyaksikan ceritanya.

"Kami memang menawarkan kritik yang sederhana dan populis terhadap sistem kapitalis, tetapi film ini tidak berhenti di situ. Kehidupan yang merata dimulai dari inisiatif dan tanggung jawab kita sebagai individu," tuturnya dilansir Cineuropa.


Bersama dengan dua penulis skenarionya, David Desola dan Pedro Rivero, Gaztelu-Urrutia mencoba membawa pesan tentang ketidak setaraan itu secara dystopia.

"Kami ingin semua pertanyaan di film ini tetap bersama penonton ketika mereka meninggalkan bioskop, menghasilkan diskusi, debat dan pemikiran, yang sama dengan yang kami sendiri alami. Kami tidak bermaksud berkhotbah," tutur sutradara 46 tahun ini.

Butuh waktu panjang untuk membawa cerita ini ke layar lebar. Gaztelu-Urrutia mengatakan dirinya mengembangkan cerita ini dua tahun untuk naskah 'The Platform'.




Simak Video "Seru! Acara Pixy Steal the Spotlight Medan Dipadati Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com